English English Indonesian Indonesian
oleh

Menanti Visi Maritim Capres-Cawapres

Poros maritim dunia yang digaungkan pada pemerintahan sebelumnya harus dilanjutkan dan dioptimalkan, yaitu membangun budaya maritim Indonesia, menjaga laut dan sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.

Pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, memperkuat kerja sama di bidang kelautan, menghilangkan pencurian ikan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut, serta membangun kekuatan pertahanan maritim untuk menjaga kedaulatan dan keamanan kekayaan maritim.   

Indonesia akan menyambut usia emas pada 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun. Pada masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara dengan pandapatan per kapita yang setara dengan negara maju, sehingga dapat keluar dari Middle Income Trap (MIT). Perwujudan dunia maritim yang didambakan ini, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dapat mencapai posisi unggul sebagai negara maritim yang tidak hanya makmur secara ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan global dan kesejahteraan masyarakatnya.  (*/zuk)

*Penulis merupakan Guru Besar Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas)

News Feed