English English Indonesian Indonesian
oleh

FKDK Menstimulasi BPD Membangun Daerah

Oleh: Marsuki

(Guru Besar FEB Unhas dan Komisaris Independen BSSB)

FAJAR, MAKASSAR — Pertemuan Forum Komunikasi Dewan Komisaris, Seluruh Indonesia (FKDK-SI) berhasil dilaksanakan dengan baik di Sorong, Propinsi Papua Barat Daya pada tanggal 1-4 Mei 2023.

Acara kali ini mengangkat dua tema pokok, yakni seminar pembahasan POJK  No. 17 Tahun 2023 dan Rapat  Kerja Nasional pengurus FKDK-SI, diantara yang utama, pemilihan Plt Ketua Umumnya.

Banyak hal menarik dan strategis yang dibahas dari beberapa pembicara yang perlu ditindak lanjut agar peran organisasi professional ini dapat terus menyumbangkan perannya dalam mengerakkan perekonomian daerah secara berkelanjutan. Kegiatan ini dihadiri oleh Komisaris dan beberapa Direksi dari 27 BPD seluruh Indonesia. Pj. Gubernur Papua Barat Daya menjadi pemantik diskusi dalam acara FKDK-SI kali ini.

Pj. Gubernur menyampaikan bahwa tidak dapat dinafihkan BPD telah berperan penting di Indonesia dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di daerah masing-masing. Tentu berkat dukungan Pemda dan terlibatnya para pelaku ekonomi lainnya, terutama pengusaha dan masyarakat lokal. Diharapkan kedepan kerjasama akan semakin terjalin baik secara berkelanjutan.

Pj. Gubernur mengharapkan dengan acara kali ini, FKDK-SI dapat melahirkan inovasi-inovasi kebijakan, agar BPD nantinya mampu bersaing secara sehat dengan lembaga perbankan lainnya di daerah masing-masing serta mempunyai posisi tawar khusus dalam memainkan perannya dibanding perbankan lainnya. Harapan tersebut dianggap tidak mustahil dapat dioptimalkan pelaksanaannya, sebab bagaimanapun juga BPD pada dasarnya adalah banknya Pemda dan bank utama dari pengusaha, dan masyarakat di wilayah kerjanya.

News Feed