English English Indonesian Indonesian
oleh

Serukan Kemerdekaan Palestina, Mahasiswa Unhas Aksi dan Buka Donasi Peduli Palestina

FAJAR, MAKASSAR-Delegasi mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lingkup Universitas Hasanuddin menggaungkan sebuah pernyataan sikap yang menegaskan komitmennya terhadap solidaritas dengan rakyat Palestina. Pernyataan sikap yang merupakan bagian mengekspresikan kepedulian terhadap situasi yang terjadi di Palestina tersebut berlangsung di Pelataran Gedung PKM, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu siang (08/05).

Puluhan mahasiswa Unhas yang menggelar aksi berasal dari LDK MPM Unhas, UKM Pramuka, UKM Model United Nation, UKM Keilmuan Penalaran Ilmiah, UKM Pramuka, EBS FM, UKM Fotografi, UKM Bulutangkis, UKM KSR-PMI, UKM Liga Film dan Forum Bersama UKM.

Pernyataan sikap mahasiswa Universitas Hasanuddin Peduli Palestina diantaranya :

  1. Mengecam keras tindakan agresi dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina
  2. Mendesak Israel untuk segera mengakhiri genosida, menghormati kedaulatan Palestina dan memenuhi resolusi PBB terkait solusi dua negara
  3. Menyerukan sanksi tegas dari komunikasi global terhadap sikap keras kepala dan arogansi Israel yang mengabaikan kecaman internasional, seperti memboikot hubungan politik, ekonomi dan militer dengan Israel, hingga mereka menghentikan semua tindakan illegal, dan mendukung terciptanya negara Palestina yang Merdeka dan Berdaulat
  4. Menegaskan bahwa masa depan damai di Timur Tengah hanya dapat diwujudkan jika hak hak rakyat Palestina atas kehidupan, kemerdekaan dan kedaulatan wilayah
  5. Menyerukan penyelesaian perang dan proses damai yang berdasar pada penghormatan hak asasi manusia dan pencegahan kerusakan yang meluas.

Koordinator aksi Ardisumatri Sakti, selain menyampaikan pernyataan sikap, juga mengumumkam donasi yang terkumpul dari sivitas akademika Unhas untuk membantu warga Palestina, yakni sebanyak Rp80,2 juta lebih melalui aksi peduli Palestina yang diselenggarakan oleh UKM LDK MPM Unhas bekerja sama dengan Forbes UKM Unhas, KSR PMI, dan aliansi LDF se Unhas yang kemudian disalurkan melalui PMI dan WIZ.

Mengingat genosida yang kembali dilakukan Israel, perwakilan mahasiswa lingkup Unhas kembali membuka donasi melalui Nomor Rekening 7138275501 a.n UKM LDK MPM Unhas. (*)

News Feed