English English Indonesian Indonesian
oleh

Rakor Transmigrasi di Makassar, Menteri Desa PDTT Harap Infrastruktur Daerah Transmigrasi Harus Lebih Baik

FAJAR, MAKASSAR -Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menggelar Rapat Koordinasi Transmigrasi 2024 di Hotel Four Point Makassar, Senin (06/05/2024). Kegiatan yang bertajuk “Penuntasan Sasaran Program RPJMN 2020-2024″ ini dihadiri langsung oleh Menteri Desa PDTT Prof Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Cak Halim.

Dalam penjelasannya, Prof Halim mengatakan jika selama ini transmigrasi secara bertahap telah memberikan perbukitan yang signifikan terhadap pemerataan pembangunan. “Jadi sejak tahun 1905 -1950 perkembangan transmigrasi sangat baik. Kita sudah menghadirkan ribuan desa, kabupaten/kota hingga provinsi,” ucapnya.

Untuk itu, melalui rakor Transmigrasi 2024 ini, pihaknya akan mengonsolidasikan kinerja lintas instansi dalam menuntaskan target RPJMN 2O2O-2O24. “Selain itu, juga menyinkronisasikan rencana revitalisasi kawasan dengan kebutuhan pengembangan dan arah kebijakan dari daerah,” bebernya.

Lalu, Rakor ini juga bertujuan untuk menggali peluang untuk melakukan pengembangan transmigrasi modern terkait dengan alternatif pembiayaan perumahan dan pengembangan ekonomi perikanan. Selama perjalanannya program lain telah memindahkan, menata, dan menempatkan penduduk sebanyak kurang lebih 2,2 juta kepala keluarga atau sekitar 9,2 juta jiwa.

Dia berharap, transmigrasi ke depan harus lebih menarik berbasis skill. Lahan-lahan yang ada juga harus berbasis modern. “Tidak ada lagi lahan dipotong-potong. Sehingga satu kawasan itu milik bersama, digarap bersama. Sehingga pengerjaanya modernisasi, tidak lagi model cangkul, agar produktivitasnya lebih tinggi tetapi infrastruktur juga harus baik,” pungkasnya.

Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan program transmigrasi memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Misalnya perbaikan jalan serta peningkatan di sektor ekonomi. (wis)

News Feed