English English Indonesian Indonesian
oleh

Strawberry Parents

SuarA: Nurul Ilmi Idrus

Istilah strawberry parents belakang ini menjadi populer. Apa itu strawberry parents dan kenapa buah strawberry yang terpilih dari sekian buah yang ada? Strawberry adalah buah yang cantik terutama warnanya yang menonjol dan bentuknya yang unik, tapi strawberry adalah buah yang mudah membusuk, buah yang rapuh. Strawberry parents merupakan istilah yang merujuk pada orang tua yang dalam pola pengasuhannya terhadap anak cenderung penuh perhatian, kasih sayang, dan selalu berupaya melindungi anak dari berbagai kesulitan yang dihadapi.

Anak diberikan fasilitas berlebihan dan terlalu dimanjakan, tidak mendapatkan hukuman ketika melakukan kesalahan, dan tidak ada aturan yang mengatur mereka dalam berkehidupan. Dengan pola pengasuhan seperti ini menghasilkan generasi yang disebut dengan istilah strawberry generation. Strawberry generation merupakan sebuah neologisme bahasa Tionghoa untuk orang Taiwan yang lahir setelah 1990 yang mudah mengerut seperti stroberi. Ini bermakna bahwa mereka tak dapat menghadapi tekanan sosial atau kerja keras seperti generasi sebelumnya.

Strawberry generation umumnya diciptakan oleh keluarga kelas menengah ke atas dimana orang tua berjuang untuk anak, menjadi penyelamat bagi anak jika mengalami kesulitan, sehingga menyebabkan anak tidak memiliki mental petarung karena semua serba tersedia (gifted) atau disediakan, mudah terluka, dan tidak tahan uji. Mereka jarang berkomunikasi secara terbuka dan hampir tidak memiliki konsekuensi. Mereka menjadi generasi yang mencari hal-hal yang mudah dan menjadi insecure jika melihat orang lain sukses.

News Feed