English English Indonesian Indonesian
oleh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan (Tinjuan Ilmiah dan Praktis)

Ini menunjukkan bahwa puasa bergantian selama 8-12 minggu dapat menurunkan konsentrasi kolesterol LDL dan triasilgliserol, sedangkan uji coba puasa sepanjang hari yang berlangsung 12-24 minggu dapat meningkatkan lipid darah. Hal ini disebabkan oleh penipisan glikogen di hepatosit, yang menyebabkan peningkatan lipolisis di jaringan adiposa dan peningkatan kadar asam lemak bebas plasma dan  dapat meningkatkan termogenesis dengan meningkatkan ekspresi gen termogenesis, yang mendorong homeostasis energi dan termogenesis.

Puasa melibatkan pemecahan trigliserida menjadi asam lemak dan gliserin, yang menyediakan energi bagi sel. Hati mengubah asam lemak menjadi badan keton, menyediakan energi untuk jaringan seperti otak. Dalam keadaan puasa, kadar tubuh keton darah meningkat dalam waktu 8-12 jam, mencapai 2-5 mM dalam 24 jam.

Puasa juga mempengaruhi metabolisme protein manusia, mengoksidasi dan menguraikan protein untuk menghasilkan energi. Asam amino, nutrisi penting, sangat penting untuk aktivitas kehidupan dan fungsi fisiologis. Puasa dapat mengubah kandungan dan jenis asam amino, dan lamanya waktu puasa mempengaruhi perubahan tersebut.

Puasa juga erat kaitannya dengan pengendalian diri karena memerlukan upaya kognitif dan dapat meningkatkan pengendalian diri. Pengalaman puasa sebelumnya juga dapat mempengaruhi hasil, dimana mereka yang tidak memiliki pengalaman puasa sebelumnya memiliki suasana hati yang lebih negatif, stres, dan vitalitas yang lebih rendah. Kondisi mental awal juga berperan dalam dampak puasa berkepanjangan.

News Feed