English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM Kunjungi Situs Bersejarah

FAJAR, MAKASSAR-Sebanyak 50 mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah UNM angkatan 2021 melakukan kunjungan situs ke Benteng Somba Opu, Rumah adat Balla Lompoa, dan Masjid Katangka di Sulawesi Selatan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program mata kuliah Etnografi Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk memahami dan mengapresiasi kearifan lokal serta nilai-nilai budaya yang masih dilestarikan di wilayah tersebut.

Didampingi oleh Dosen pengampuh mata kuliah, Amirullah, mahasiswa menyimak jejak-jejak dan nilai-nilai kebudayaan yang terdapat dalam situs-situs bersejarah tersebut. Kunjungan dimulai dari Benteng Somba Opu, dilanjutkan dengan eksplorasi Rumah adat Balla Lompoa di Gowa, dan diakhiri dengan kunjungan ke Masjid Katangka.

Muhammad Rizal Ba’asyir, ketua panitia kunjungan situs ini, menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan baru tentang pentingnya nilai-nilai kebudayaan.

Hal ini sebagai upaya untuk mendorong pemahaman dan kesadaran akan kebutuhan untuk menjaga serta merawat warisan budaya bagi generasi berikutnya.

Kunjungan ini merupakan langkah nyata dari mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam memperkuat pemahaman mereka terhadap sejarah dan budaya lokal, serta sebagai bentuk tanggung jawab mereka dalam melestarikan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. (*)

News Feed