English English Indonesian Indonesian
oleh

Harga Beras Naik

Jika harga beras naik, tidak berarti pendapatan petani akan langsung meningkat atau dirasakan oleh mereka. Hal ini disebabkan oleh jalur distribusi yang terdiri dari empat tingkat. Jalur pertama dimulai ketika petani menanam benih, kemudian memanen gabah yang dijual kepada tengkulak atau pemotong gabah. Tengkulak akan mengeringkan padi dan menjualnya kepada pemilik penggilingan. Setelah gabah diolah menjadi beras, pemilik penggilingan akan menjualnya ke pedagang grosir berskala besar yang memiliki gudang penyimpanan.

Pedagang grosir berskala besar ini kemudian menjual beras kepada pedagang grosir antar provinsi atau antar pulau. Jalur distribusi inilah yang berperan dalam menentukan kenaikan atau penurunan harga beras, apakah menjadi mahal atau murah.

**

Mungkin banyak masyarakat belum mengetahui bagaimana asal mulanya beras itu ada. Proses menanam padi tidaklah mudah, dimulai dengan pemilihan benih padi varietas unggul tahan hama, tahan kekeringan, tahan penyakit dan sawah yang ditanami haruslah mengandung unsur hara atau nutrisi bagi tanaman dapat tumbuh dan berkembang.

Pertumbuhan tanaman padi melalui dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Pada ekosistem tanaman padi, terdapat berbagai organisme selain manusia yang hidup berinteraksi dengan tanaman padi. Organisme itu dikenal sebagai herbivora, yang hidup berinteraksi sesama individu untuk berkopulasi atau kawin. Untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak, herbivora memerlukan makanan, yang seringkali berasal dari jaringan tanaman.

News Feed