English English Indonesian Indonesian
oleh

Alumni FPIK UMI Tularkan Semangat Wirausaha, Ini Kiat Suksesnya

FAJAR, MAKASSAR – Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI didorong menjadi pengusaha. Alumni yang sudah sukses akan menjadi mentornya.

Mauli Kasmi, salah seorang alumni FPIK yang sukses di berbisnis di sektor perikanan. Mauli mengatakan, jika ingin menjadi pengusaha harus konsisten. Selain itu, kata Mauli, pengusaha juga harus punya jaringan luas agar akses pasarnya makin luas. Networking dianggap penting dalam perkembangan bisnis karena memiliki banyak manfaat.

“Manfaat jaringan adalah untuk menemukan kesempatan bisnis market. Termasuk meningkatkan brand awareness,” ujar Mauli melalui Inspiring Enterpreneur Vol I yang digelar IKA FPIK UMI, di Onkel Jhon’s Coffee Makassar, Sabtu, (23/12/2023).

Pengusaha ikan dan coral ini menuturkan, menjadi pengusaha harus luas pergaulannya. Apalagi pengusaha di bidang perikanan, bisnis ini banyak tantangannya.

“Kalau mau berkembang bisnia harus networking dan terus dijalankan. Apalagi kalau kita eksis di bidang tersebut. Kalau di perikanan itu bidangnya kompleks. Tentu setiap bisnis memiliki tantangan,” katanya.

Menurutnya, konsistensi juga dibutuhkan untuk keberlanjutan bisnis. Termasuk menjaga kepercayaan dan komitmen terhadap apa yang dilakukan.

“Saya konsisten terhadap bidang ilmu yang saya dapat. Kalau mau mendirikan suatu usaha apakah harus punya modal? Uang bukan segalanya, tapi yang penting adalah trust,” jelasnya.

Alumni FPIK UMI, Hasnawiah juga berbagi kiat sukses menjadi pengusaha. Saat ini Hasnawiah fokus mengembangkan bisnis di bidang mesin produksi air, dan kemasan mineral. Ia menceritakan kisah suksesnya saat merantau ke Jakarta. Saat itu, ia hanya bermodal kegigihan dan ketekunan. Dia juga mengaku sangat menghargai proses.

News Feed