English English Indonesian Indonesian
oleh

Hijaukan Pulau Kodingareng Keke, IKA FPIK UMI Tanam Ratusan Pohon Sukun

FAJAR, MAKASSAR — IKA Komisariat FPIK UMI melakukan penghijauan dan bersih-bersih pantai di Pulau Kodingareng Keke, Kota Makassar, Minggu, 27 Agustus 2023.

Ratusan pohon ditanam di pulau yang menjadi destinasi wisata unggulan Kota Makassar tersebut. Ada dua jenis pohon yang ditanam, ketapang kencana dan sukun. Kedua pohon ini dianggap sangat cocok ditanam di area pulau karena tahan panas.

Ketua Harian IKA Komisariat FPIK UMI Arwin, mengemukakan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI dalam menjaga kelestaruan lingkungan pantai, pulau, dan perairan secara umum.

“Laut dan sumber daya di dalamnya adalah sumber kehidupan, kita harus sama-sama menjaganya,” ajak Arwin.

Arwin menuturkan, Pulau Kodingareng Keke dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena berpotensi dalam pengembangan wisata di Kota Makassar. Banyak pengunjung yang mengeluh panas karena pulau ini sangat gersang. Makanya, dipilih tanaman sukun dan ketapang sebagai tempat bernaung.

“Kami berinisiatif melakukan penanaman pohon di pulau ini agar ke depannya para aktivis lingkungan yang lain dapat memperhatikan pulau yang kurang vegetasi,” ujar pria yang hobi menyelam tersebut. (*)

News Feed