English English Indonesian Indonesian
oleh

Pj Gubernur Sulbar Zudan Promosikan Sekomandi di Istana Negara

FAJAR, JAKARTA — Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama istri Ninuk Triyanti Zudan tak ingin ketinggalan pada momen Istana Berbatik yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023.

PJ Gubernur Sulbar, Prof Zudan bersama Ny. Ninuk Triyanti turut memeriahkan Fashion Show dengan mengenakan busana batik bermotif Sekomandi. Motif Sekomandi ini menjadi tenun khas Sulbar yang berasal dari Kalumpang, Kabupaten Mamuju.

“Ini bentuk penghargaan dan kecintaan kita pada produk lokal. Di Sulbar banyak produk lokal yang dihasilkan dari tangan masyarakat. Ini bagus kalau didaftar dalam properti yang menjadi kekayaan intelektual, ” ujar Prof Zudan.

Istana Berbatik digelar untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus meneguhkan batik sebagai warisan budaya asal Indonesia yang sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda atau Intangible Cultural Heritage.

Peragaan Istana Berbatik juga menampilkan para pejabat dan gubernur dari 38 provinsi di grup 4 dan grup 5. Dalam kegiatan ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga turut serta.

Acara ini dimulai dengan fashion show grup 1 yang terdiri dari perwakilan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Kemudian, peragaan busana akan dilanjutkan dengan grup 2 dan grup 3 yang terdiri dari finalis Miss Indonesia, Putri Indonesia, serta para figur publik. (wir)

News Feed