English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof Zudan Dorong Balai Benih Polman Menjadi Pusat Inovasi Pertanian Polewali Mandar

FAJAR, POLMAN — UPT Balai Benih Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Sulbar yang berada di Polewali Mandar diharapkan bisa menjadi Pusat Pengembangan Inovasi Pertanian di Sulbar.Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh usai meninjau UPT Balai Benih Pertanian Tanaman Pangan (BBPTP) Dinas Pertanian Provinsi Sulbar di Polewali Mandar Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, Balai Benih tersebut dapat dikembangkan sebagai pusat kreativitas, inovasi, dan pusat penelitian bagi pengembangan Pertanian di Sulawesi Barat.”Balai itu tidak semata-mata sumber produksi tetapi sebagai sumber kreativitas dan inovasi dan tempat belajar bagi siswa dan Mahasiswa yang fokus di Pertanian,” kata Sestama BNPP Prof Zudan Arif Fakrulloh, 7 Oktober 2023.

Prof Zudan Arif F mengatakan, luas lahan yang dimiliki UPT tersebut dinilai sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pusat inovasi. Apalagi Perkebunan dan Pertanian merupakan fokus pemerintah Provinsi. Untuk itu, ia meminta kepada pengurus Balai untuk dilakukan pembenahan dengan memastikan ketersediaan air.

“Saya minta dibuat blok-blok tanaman yang sepanjang tahun bisa menghasilkan. Kalau ini kan musim kemarau, tanamannya mati semua, karena nggak ada air. Saya minta harus kreatif, di Januari sampai Desember cabai, jagung, padi bisa terus berbuah,” kata Zudan. (wir)

News Feed