English English Indonesian Indonesian
oleh

Merawat Napas Terumbukarang Bontosua

Empat Hari, Tanam 30.000 Fragmen Koral

Debur ombak terdengar sangat damai di Pulau Bontosua, Desa Mattiro Bone, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Pangkep. Pulau ini termasuk gugusan pulau Spermonde. Jaraknya sekitar 36 hingga 40 kilometer dari Makassar dan dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan kapal.

EDWARD AS

Pulau Bontosua, Pangkep

Selasa pagi puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak terlihat sibuk mengikat terumbu karang diatas reef stars. Mereka terlihat sangat bersemangat, canda tawa sesekali terdengar keluar dari mulut mereka.

Aksi transplantasi terumbu karang tersebut merupakan kerjasama warga dengan PT MARS. Tercatat sejak 2017 hingga 2022 ratusan ribu karang yang telah ditransplantasikan di sekitar pulau Bontosua.Untuk tahun ini PT MARS kembali melakukan transplantasi karang dengan mengusung tema

“The Big Build”.

Jumlah karang yang ditransplantasikan sebanyak 30.000 fragmen yang diikat di 2.000 reef star.Salah seorang warga setempat, Sahil menceritakan aksi penanam atau transplantasi karang yang dilakukan PT MARS bersama warga sudah memberikan aksi nyata. Ikan kembali banyak. Sehingga masyarakat sangat senang.

Disamping itu keterlibatan masyarakat dalam upaya restorasi terumbu karang juga memberikan ikatan emosional agar bisa ikut menjaga kondisi karang yang telah ditanamnya. Hal ini telah berlangsung selama enam tahun lebih.

“Kami sangat senang dengan program ini. Selain kembali banyak ikan, juga banyak wisatawan yang datang untuk menyelam, hal itu membuat penghasilan warga meningkat,” ucapnya.

News Feed