English English Indonesian Indonesian
oleh

Merawat Napas Terumbukarang Bontosua

Pendekatan MARS terhadap restorasi terumbu karang sejalan dengan keyakinan perusahaan dalam bekerja dengan komunitas di sekitar lokasi MARS beroperasi, untuk mengembangkan strategi inovatif dan memastikan pertanian dan mata pencaharian lokal yang berkelanjutan.

Sejak 2011, MARS terus mengembangkan dan menyempurnakan metode restorasi ekosistem terumbu karang yang murah dan dapat direplikasi melalui MARS Assisted Reef Restoration System (MARRS). Metode ini didasarkan pada pemasangan jaring reef stars yang berkelanjutan, struktur baja berlapis pasir berbentuk heksagonal dengan fragmen terumbu karang yang menempel menutupi bagian puing-puing karang yang tandus, dan celah di antara karang hidup yang tersisa di terumbu.

Secara global, MARS dan para mitra telah memasang sekitar 60.000 reef stars yang mencakup hampir 900.000 fragmen terumbu karang yang juga merupakan salah satu terumbu karang terbesar di dunia yang telah dipulihkan dan terletak di Kepulauan Spermonde.

Hasil utama dari konservasi dan dampak ekonomi lokal sejauh ini meliputi:Dalam waktu 28 bulan, reef stars telah meningkatkan pertumbuhan terumbu karang dari 20% menjadi 70%. Populasi ikan masih dalam tahap pemulihan dan telah meningkat sebesar 175%, menghasilkan lebih dari 25.000 ikan per hektar.

Jumlah spesies ikan yang hadir di terumbu karang telah meningkat sebesar 10% selama periode waktu yang sama, dan spesies terumbu karang baru menetap di bawah dan di atas reef stars, mendorong peningkatan pertumbuhan terumbu karang dan pemulihan komunitas terumbu karang yang berkelanjutan.

News Feed