English English Indonesian Indonesian
oleh

Desa Tompo Bulu Pangkep Masuk 75 Besar ADWI 2023, Begini Keindahannya

PANGKEP, FAJAR — Desa Wisata menjadi lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi pascapandemi Covid-19. Program ini juga menjadi daya bangkit ekonomi desa.

Salah satu desa yang masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 adalah Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkep. Desa ini sangat potensial, wisatawan bisa menjelajahi area Desa Wisata Tompo Bulu atau mengunjungi Taman Wisata Lembang. Di taman ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan sawah, menyusuri sungai, dan membeli hasil bumi desa tersebut. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf) berharap desa ini makin maju dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua, menyampaikan desa yang menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini memiliki pemandangan alam pegunungan. Lingkungannya sangat asri serta memiliki hawa sejuk.

“Ini adalah wisata yang akan dicari di masa depan. Wisatawan bisa bersatu dengan alam, produk-produknya ramah lingkungan, kemudian juga budayanya budaya lokal, dan keramahan penduduknya sangat khas di sini,” kata Indra,kemarin.

Menurut Indra, potensi di desa yang berada di Kecamatan Balocci tersebut diyakini mampu memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat. Apalagi jaraknya dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sangat dekat, hanya 56 kilometer (km). “Kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Tompo Bulu bisa terbuka lebar,” tuturnya.

News Feed