English English Indonesian Indonesian
oleh

Semen Tonasa Kembali Raih Penghargaan Internasional, Ini Inovasinya

PANGKEP, FAJAR– Semen Tonasa kembali mendapatkan penghargaan internasional di bidang inovasi. Dua tim inovasinya, yaitu QCP Eternals & QCP Go Beyond berhasil meraih Predikat Excellent atau predikat tertinggi, pada ajang International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2023 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam ajang bergengsi ini, QCP Eternals yang beranggotakan 5 orang personil, yaitu Muhammad Arif, Al Azhar, Hasan Basri, Rizal Tawani, dan Muhajir, mengangkat judul Optimizing the Performance of Gas Conditioning Tower (GCT) System at Kiln Tonasa unit 3 by Redesigning the Backflow System of GCT. Inovasi ini mampu menjawab masalah kondisi cerobong yang mengeluarkan debu ketika Raw Mill stop.

Dengan inovasi ini, perusahaan tidak perlu melakukan investasi peralatan yang mahal untuk mengganti sistem GCT dari Single System GCT menjadi Dual System GCT. 

Selain itu, inovasi ini juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan karena mampu mereduksi debu yang keluar dari cerobong secara signifikan. Secara finansial, benefit yang diperoleh melalui inovasi ini adalah senilai Rp711 juta serta memberikan kontribusi reduksi partikulat sebesar 1.298.647 KgCO2.

Sedangkan QCP Go Beyond yang juga beranggotakan 5 orang personil, yaitu Wibowo, Stevanus Bodro Wibowo, Andika Sarly Tandirura, Resti Setianingrum dan Fahrul Arifianto, berhasil menjawab tantangan penggunaan energi alternatif dengan inovasinya Increasing the Thermal Substitution Rate (TSR) of Alternative Fuels from 3.93 persen to 6 persen in Kiln Tonasa Unit IV for 6 Months. 

News Feed