English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas-Hiroshima Universitas Makin Sinergi, Plakat “Kemudi Kapal” Jadi Simbol Kerja Sama

FAJAR, JEPANG-Rombongan Rektor Unhas juga mengunjungi Hiroshima University, salah satu universitas besar dan terkemuka di Jepang, Rabu, 10 Mei 2023. Presiden Hiroshima University, Professor Misuo Ochi menerima langsung Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Jamaluddin Jompa beserta rombongan.

Kunjungan ini juga disertai dengan upacara resmi yang dihadiri oleh semua wakil rektor dan beberapa dekan Hirsohima University untuk meresmikan penanaman plakat dari Universitas Hasanuddin yang di tanam di Memorial Park Hiroshima University di Kampus Saijo.

Plakat dibuat khusus dari kayu jati dan diukir membentuk kemudi kapal sebagai simbol dari Unhas dengan misi benua maritim Indonesia. Di plakat ini ditulis sebuah ungkapan dalam Bahasa bugis: Tapada maminanga Tassiyalabuang, Melleki tapada melle: yang artinya kurang lebih : mari terus mempererat Kerjasama untuk mencapai mimpi Bersama.

Plakat ini menandai kerja sama yang sangat erat dan Panjang antara kedua universitas besar ini. Unhas dan Hiroshima University telah menjalin Kerjasama sejak tahun 1976, kurang lebih 40 tahun lebih. Kerja sama cukup erat terjalin dalam berbagai bidang terutama bidang kedokteran, kelautan dan Teknik, utamanya Teknik Perkapalan. Profesor Husni Tanra, Guru Besar Fak. Kedokteran Unhas merupakan alumni dari Hiroshima University yang sangat dihormati. Pembicaraan dilanjutkan dengan komitmen kerja sama dalam bidang akademik, beasiswa, pertukaran mahasiswa.

Wakil Rektor bidang Kerja Sama Unhas, Prof Adi Maulana menjelaskan, Presiden Hiroshima University meminta kepada Unhas agar dapat menjadi mitra utama dalam menjalankan misi pengurangan emisi karbon di dunia. Hirsohima University merupakan salah satu universitas di Jepang yang sangat focus dalam isu perubahan iklim global.

News Feed