English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof JJ Temui Dosen Unhas yang Kuliah Doktor di Jepang

FAJAR, MAKASSAR-Selama di Jepang, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Jamaluddin Jompa beserta rombongan bertemu secara khusus dengan staf dosen dan alumni Unhas yang sedang berkuliah di beberapa Universitas di Jepang bagian tengah. Pertemuan berlangsung, di Kota Toyama, Selasa, 9 Mei 2023.

Hadir tidak kurang dari 10 dosen muda baik yang sudah menyandang predikat PNS, maupun dosen Unhas non PNS serta dosen dengan NIDK dan beberapa alumni yang belum mempunyai afiliasi.

Selain memberi semangat, Rektor Unhas juga menjelaskan strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama rekruitmen dosen muda dengan system talent pool.

“Ke depan Unhas akan membuat klasifikasi dan model rekruitmen dosen yang lebih fleksibel namun berbasis merit, sehingga beberapa mahasiswa S-3 yang sedang studi namun belum mempunyai afiliasi resmi akan segera direkrut menjadi dosen di Unhas dengan klasifikasi sebagai peneliti,” ujarnya Rektor yang disapa Prof JJ ini.

Dosen peneliti ini sudah berhak untuk menyandang predikat sebagai dosen Unhas dan akan diberikan beberapa fasilitas sehingga mereka dalam melakukan publikasi sudah bisa menuliskan Unhas sebagai afiliasi mereka di dalam semua publikasi ilmiah. Nantinya setelah lulus S3, dosen ini akan menjadi prioritas untuk diangkat sebagai dosen Unhas permanen.

Tentu akan dilakukan pembicaraan khusus dengan profesor dan universitas jika mereka masih terikat dengan pemberi beasiswa dimana mereka melakukan studi. Ia harapkan dengan system ini, akan didapatkan SDM muda dengan kualitas tinggi yang nantinya menjadi masa depan Unhas dalam persaingan global.

Diketahui, lawatan Rektor Unhas ke Jepang beserta tim kerja sama Unhas dari tanggal 8 Mei -12 Mei 2023. Rektor Unhas didampingi oleh penanggung jawab kegiatan yaitu Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof Adi Maulana dan juga Sekretaris Rektor Sawedi Muhammad.

Ikut bersama tim Rektor yaitu Direktur Rumah Sakit Unhas, Muhammad Ichsan dan Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas beserta Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan beberapa staf dosen dari Fakultas Kedokteran. Kunjungan kali ini juga diikuti oleh mahasiswa Program Magister Kebencanaan Sekolah Pascasarjana Unhas yang disertai oleh Kepala Prodi Mukhsan dan Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Riset dan Inovasi, Prof Amir Ilyas. (*/)

News Feed