English English Indonesian Indonesian
oleh

Singkirkan Korsel Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah dengan Lolos Semifinal Piala Asia

FAJAR, DOHA—Tim nasional Indonesia U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke semifinal  Piala Asia U-23 2024. Di babak delapan besar, Tim Garuda Muda mengalahkan tim raksasa Korea Selatan.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menyingkirkan Korsel dalam drama adu penalty menegangkan yang berakhir dengan skor 11-10.

Sebelumnya, kedua negara bermain imbang 2-2 sepanjang 120 menit. Rafael Struick membawa Indonesia memimpin dua kali lewat golnya di menit ke-15 dan 45+3.

Sementara dua gol balasan Korsel lahir dari bunuh diri Komang Teguh di menit 45 dan gol Sang-Bin Jeong pada menit ke-84. Korsel bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70 setelah Lee Young-Jun melakukan pelanggaran berbahaya pada Justin Hubner.

Dalam drama adu penalti penendang keenam Korea, Kang Sang-Yoon dan algojo ke-12, Lee Kang-Hee tidak bisa menaklukkan Ernando Ari. Sementara di kubu Indonesia, hanya Arkam Fiikri  yang gagal menjalankan tugasnya.

Korsel sempat merayakan kemenangan ketika Hubner yang maju sebagai algojo kelima gagal menjalankan tugasnya. Namun, penjaga gawang Korsel dianggap sudah maju meninggalkan garis gawang sebelum eksekusi. Saat eksekusi diulang, Hubner sukses menggetarkan jala gawang lawan.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi pemenang delapan besar lainnya yang mempertemukan Arab Saudi atau Uzbekistan. Jika mampu menang, Indonesia akan langsung lolos ke Olimpiade 2024 Paris. (amr)

News Feed