English English Indonesian Indonesian
oleh

Indonesia Pasca-Pemilu: Pesan Moral untuk Menciptakan Kedamaian

Meski menjalani sebuah pertandingan yang sangat ketat dan kompetitif, ada hal menarik dari pertandingan tinju yaitu usai pertandingan, apakah menang angka atau knock down, dua petinju itu saling berangkulan saling mengucapkan selamat dan kemudian melepaskan sarungnya.

 Dalam konteks keindonesiaan, ketika pilpres sudah usai, maka seyogyanya setiap kontestan harus saling merangkul dan menghargai. Tidak perlu lagi saling menyerang, karena pertandingan telah usai (game is over). Yang kalah mengambil pelajaran dari kekalahannya untuk menatap hari esok yang lebih baik, sedangkan yang menang harus mampu membuktikan prestasinya di tengah masyarakat.

Negeri yang sangat indah dan kaya akan sumber daya alam ini tidak boleh chaos hanya karena perbedaan politik dan pilihan. Kebersamaan, persatuan, perdamaian dan kedamaian harus menjadi prinsip utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian kenaikan kelas dengan pesta demokrasi pilpres yang baru saja usai. Jika masyarakat mampu melalui masa-masa krusial ini, maka Indonesia akan menjadi champion demokrasi yang dapat memberikan pendidikan dan contoh demokrasi yang sangat baik kepada masyarakat Indonesia dan dunia umumnya. (*/)

News Feed