English English Indonesian Indonesian
oleh

Revolusi Kehidupan Bernama Teknologi Kecerdasan Buatan

Memacu Produktivitas

Pada era modern ini, kecanggihan teknologi telah mengubah wajah dunia. Mulai dari kecerdasan buatan yang mampu belajar dan beradaptasi hingga jaringan global yang menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia dalam hitungan detik. Internet of Things terus membuka pintu bagi kemajuan yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi.

“Teknologi sangat memudahkan saya untuk memperoleh informasi terkait pembelajaran juga pekerjaan. Hal ini tentu mempercepat dalam mengerjakan sesuatu juga membuat menjadi lebih produktif. Menurut saya jaringan (5G) masih belum dibutuhkan di Indonesia, ada baiknya kita memeratakan jaringan yang ada dulu (4G) agar tidak ada kesenjangan di beberapa daerah di Indonesia. Baiknya juga kita lakukan penyuluhan tentang teknologi ke beberapa daerah tertinggal agar mereka lebih paham teknologi modern,” jelas A. Muh. Farid Aqthar (24)  selaku Ahli Sistem Informasi Universitas Hasanuddin.

Dosen Diuntungkan

Kecanggihan teknologi telah merevolusi pendidikan secara fundamental. Melalui platform daring dan aplikasi edukatif, siswa dapat mengakses sumber belajar dari mana dan kapan saja. Memungkinkan adaptasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual. Dengan teknologi yang terus berkembang, masa depan pendidikan menjanjikan aksesibilitas yang lebih besar, interaksi lebih mendalam, dan pembelajaran lebih efisien.

“Sebagai dosen saya melihat perkembangan teknologi yang makin canggih adalah sebagai hal yang positif. Teknologi memberikan kita akses ke informasi yang lebih luas. Membuat kita bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Membuka peluang baru dalam melakukan pembelajaran dan penelitian. Namun, saya juga menyadari perkembangan teknologi ini harus diimbangi dengan pemahaman yang baik tentang etika, keamanan, dan dampak yang mungkin tidak sesuai dengan nilai sosial yang berlaku di masyarakat kita,” ungkap Dr. Andi Sahtiani Jahrir, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen FBS Universitas Negeri Makassar yang akrab di sapa Andis

News Feed