English English Indonesian Indonesian
oleh

Juara LKS Bebas Tes Masuk Poltekbos

FAJAR, MAKASSAR— Prodi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) menguji kompetensi siswa di bidang Instalasi Kelistrikan. Kegiatan ini menyasar siswa SMA/SMK dengan melibatkan 13 sekolah di Sulsel.

Kegiatan dikemas dalam bentuk Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dihelat 7-9 Mei 2024.Pemenang event ini akan bebas tes masuk Poltekbos. Selain itu, sang juara akan didaulat menjadi perwakilan Sulsel diajang yang sama di tingkat nasional.

“Mereka yang menang diberikan jalur khusus jika mendaftar di Poltekbos,” ujar
Direktur Poltekbos Makassar, Alang Sunding, Kamis, 9 Mei 2024.

Dalam lomba tersebut, Peserta dituntut untuk bersaing dengan durasi waktu yang ketat. Mereka harus menyelesaikan instalasi listrik dan panelnya. “Mereka ditantang untuk menunjukkan keahlian dan keterampilan dalam merencanakan, memasang, dan menguji sistem instalasi listrik yang efisien dan aman,” jelasnya.

Ketua Panitia LKS, Muhammad Ulil Amri mengatakan pelaksanaan lomba dibagi menjadi 3 sesi, pertama menjawab soal kasus, dari narasi menjadi gambar instalasi.

Kedua, merangkai komponen-komponen sesuai dengan gambar rancangan dan terakhir penilaian hasil rangkaian oleh dewan juri yang berpengalaman di bidangnya. “Penilaian dilakukan berdasarkan kualitas pekerjaan, standar keselamatan, pemahaman terhadap tata cara pemasangan yang benar, dan kemampuan troubleshooting,” ucapnya.(wis)

News Feed