English English Indonesian Indonesian
oleh

61.145 di Gowa dan 28.000 KK di Maros Dapat Beras 10 Kg Tiap Bulan

SUNGGUMINASA, FAJAR—Bulog dan pemda menyalurkan bantuan cadangan beras kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP). Di Gowa sebanyak 61.145 penerima dan di Maros 28.000.

Beras ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat, melalui pemerintah kabupaten yang disalurkan kepada masyarakat di Gowa dan Maros yang menjadi sasaran. Di Gowa, penyerahan secara simbolis sudah dilakukan pada minggu pertama Februari.

Bantuan pangan ini akan disebar di semua kecamatan. Saat ini menunjukkan adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrim, sehingga salah satu akibatnya hasil panen masyarakat tidak maksimal.

“Bantuan ini akan ada sampai enam bulan ke depan sebagai bantuan pangan cadangan bagi masyarakat kita,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Makassar, Karmila Hasmin Marunta mengatakan, bantuan pangan beras ini salah satu program pemerintah untuk menjadi bantalan ekonomi dalam menghadapi dampak el nino.

Setiap KPM akan mendapatkan beras 10 kg per bulannya hingga Juni 2024. “Untuk Kabupaten Gowa tahun 2024 ini jumlah penerima bantuan pangan sebanyak 61.145 dengan total beras 611.450 kg/bulan yang dibagikan untuk 18 kecamatan terdiri dari 167 desa/kelurahan,” ungkapnya.

Maros

Sebanyak 28.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Maros juga akan mendapatkan bantuan 10 kilogram beras. Penyalurannya akan dimulai pekan depan. Program ini bernama Cadangan Beras Pemerintah Untuk Bantuan Pangan 2023 yang dicanangkan pusat.

“Jadi ini lanjutan dari bulan September, Oktober, November, dan Desember, untuk yang disalurkan sepertinya yang fix baru di bulan Februari,” Kepala Dinas Sosial Maros, Suwardi Sawedi.

News Feed