English English Indonesian Indonesian
oleh

Wakil dari Maros, Hatta Rahman dan Wawan Mattaliu Berpeluang Lolos ke Senayan


FAJAR, MAROS-Nama HM Hatta Rahman dan Wawan Mattaliu mencuat dalam hasil kajian Yayasan Pengkajian Strategis Salewangan (Yapass) terhadap sejumlah Calon Legislatif (Caleg) asal Kabupaten Maros di DPR RI.

Pasalnya dari lima nama Caleg DPR RI asal Maros, keduanya itu diyakini bisa lolos ke Senayan.
Seperti Hatta Rahman dinilai bisa lolos mengingat backgroundnya sebagai mantan Bupati Maros dua periode (2010-2021). Hatta sendiri maju melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara Wawan Mattaliu merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel dua periode (2009-2019) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Untuk tiga nama lainnya yakni Nurhasan melalui Partai Amanat Nasional (PAN), Sahiruddin melalui Partai Nasdem dan H Andi Tajerimin melalui Partai Gerindra.

Ketua Yapass, Muhammad Nurjaya mengatakan dari sepuluh orang Maros warga Maros yang mencalonkan, ada lima nama yang muncul disurvei.

“Berdasarkan data, baik survei yang kita lakukan maupun survei yang dilakukan lembaga eksternal. Kita memotret kurang lebih sepuluh orang Maros mencalonkan dan ternyata yang muncul di survei itu ada lima nama,” jelasnya.

Namun dari lima nama itu, kata dia, ada dua nama yang sangat kuat. Meski kelima nama-nama tersebut kata Nurjaya, memiliki potensi dan seringkali muncul pada survei. Namun menurut dia, hal itu tentu tidaklah cukup.

Melainkan dibutuhkan analisis yang lebih mendalam dan pertimbangan unsur lainnya, sampai betul-betul berpotensi untuk lolos nantinya.

“Misalnya bagaimana kompetisi secara internal di partainya, Kemudian bagaimana tingkat penerimaan caleg dari Maros ini terhadap masyarakat. Kemudian juga bagaimana potensi Parliamentary Threshold (PT) yang selama ini juga menjadi ancaman bagi semua partai. Yah kita tentu tidak boleh mendiskreditkan partai-partai tertentu, tetapi fakta-fakta yang kita lihat ini tentu harus menjadi sebuah pertimbangan,”jelasnya.

News Feed