English English Indonesian Indonesian
oleh

Rivalitas Kuat Pilkada Gowa, Lima Kandidat Bersaing

FAJAR, MAKASSAR-Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Gowa 2024 sudah semakin dekat. Di kota yang berjuluk Butta Bersejarah ini, ada lima nama yang disebut-sebut akan bertarung dalam Pilkada Gowa.

Mereka adalah H Abd Rauf Malaganni, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Gowa; Anggota DPRD Gowa, Husnia Talenrang; Anggota DPR Amir Uskara; Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsa Muin; dan Mantan Ketua DPRD Gowa, Muh Anzar Zainal Bate. Karaeng Kio telah menjabat 2 periode sebagai wakil bupati Gowa dan memiliki basis yang kuat sebagai bakal calon bupati Gowa.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin mengaku, dia saat ini tengah memantapkan niatnya untuk maju sebagai calon bupati Gowa. Dia menyatakan sikap tidak maju atau mencalonkan diri di legislatif Pileg 2024, dia ingin fokus bertarung di eksekutif.

Bukan hanya itu, pada Pemilu ini, dia juga fokus untuk memenangkan Pileg dan Pilpres. “Saya sudah seratus persen sudah meminta izin kepada partai untuk tidak lagi maju sebagai calon legislatif. Tetapi saya meniatkan diri untuk maju di Pilkada Gowa,” ucapnya.

Darmawangsyah kembali menegaskan, terlebih lagi dengan berbekal dua periode di DPRD Sulsel membuat dirinya yakin untuk maju di Pilkada Gowa.
“Insyaallah, jika partai memerintahkan, saya akan maju di eksekutif Pilkada Gowa. Saya memang sudah mengarahkan itu semua sejak 2014, tetapi pematangan dalam diri saya harus saya lakukan dua periode di lingkaran provinsi. Saya rasa cukup untuk maju,” ucapnya.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendominasi hampir di semua dapil di Gowa. Partai berlambang Ka’bah ini mengamankan 12 kursi DPRD Gowa. Ketua DPC PPP Gowa, Nursyam Amin mengatakan, pada Pileg ini, PPP berhasil memperoleh 12 kursi DPRD Gowa. PPP bakal mulus ke Pilkada sebab bisa mengusung tanpa koalisi.

News Feed