English English Indonesian Indonesian
oleh

Mengenang Arung Palakka, Raja Bone yang Ditakuti VOC

FAJAR, GOWA — Dalam momentum bulan Syawal 1445 H, puluhan keluarga memperingati haul dan khatam Qur’an Arung Palakka di Kabupaten Gowa, Rabu, 17 April 2024. Arung Palakka adalah Sultan Bone pada tahun 1672 sampai dengan tahun 1696.

Akademisi Andi Nurhikmah Daeng Cora, MM, PhD, dan Taufiqquddin Ande, MEng, PhD, bertindak sebagai tuan rumah Khatam Qur’an Arung Palakka.

Acara haul ini diawali dengan Khataman Qur’an Ba’da subuh sampai dengan pukul 15.30 di kediaman Daeng Cora. Selanjutnya acara dilanjutkan ziarah ke Makam Yang Mulia Arung Palakka dan Karaeng Pattingngalloang Raja Tallo dan Gowa.

Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingngalloang terletak di Jl Bontobiraeng, Kelurahan Katangka, Kabupaten Gowa.

Ustaz Ali Musthofa memimpin haul, zikir, dan doa serta ziarah Arung Palakka dan Karaeng Pattingngalloang.

“Kita berharap ke depannya, dzurriyat dan kerabat dapat lebih banyak lagi yang berkumpul dan bersatu dalam doa bersama untuk para leluhur yang berada di Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingngalloang,” kata Andi Nurhikmah Daeng Cora.

Haul dan Khotimul Qur’an La Tenri Tatta to Appatunru Daeng Serang ini dihadiri para dzurriyat Arung Palakka dan beberapa kerabat dari Bone, Soppeng, Gowa, dan masyarakat Bontobiraeng. Mereka bersama-sama berzikir dan berdoa.

Turut hadir menyambut tamu dan rombongan ziarah dari Kalimantan, Ketua Lembaga Adat Karaeng Loe Ri Bajeng Ir Muh Rusli Sumara Daeng NgiRate, MiKom, dan Ketua Yayasan Balla Lompoa Bajeng Royal Foundation Balla Lompoa Bajeng Ir Masykur Daeng Sijaya, MM.

News Feed