English English Indonesian Indonesian
oleh

Menuju Transformasi Pembangunan Sulsel, 2025-2045

Dalam kepentingan tersebut, telah dinventarisir beberapa permasalahan dasar yang dianggap perlu diperhitungkan untuk nantinya diselesaikan selama rentang masa rencana pembangunan, sehingga dapat ditetapkan isu-issu strategis pembangunan yang selanjutnya bisa menjadi dasar penyusunan Visi-Misi, Arah dan Sasaran pokok kebijakan, termasuk program-program kerja pembangunan yang akan dilaksanakan.  

Dari berbagai diskusi, kajian, dan perkembangan keadaan, ditemukan enam belas (16) permasalahan utama untuk ditindaklanjuti sebagai dasar pijak dalam menentukan issu strategis dalam penyusunan draft rencana pembangunan yang akan disusun.

Garis besarnya, permasalahan utama tersebut terkait aspek: Kesehatan, Pendidikan, Kemiskinan, Sumber daya alam, ekonomi hijau dan ekonomi biru, Digitalisasi, Supremasi hukum dan keamanan, Stabilitas ekonomi makro dan Fiskal, Integrasi ekonomi domestik-global, Kontribusi perkotaan, Regulasi dan tata kelola, Pintu gerbang KTI, Budaya dan kerukunan beragama, Ketimoangan gender dan anak, Ketahaanan bencana dan perubahan iklim, serta Ketahanan energi, air, dan pangan.

Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut, maka kemudian ditetapkan tujuh (7) issu strategis yang dapat di kategorisasi guna mempermudah penyusunan Visi pembangunan Pemprov. Sulsel. Meliputi issu: Pemanfaatan bonus demografi, Pengelolaan pusat pertumbuhan ekonomi baru, Kesenjangan antar kawasan, Hilirisasi produk SDA, Perubahan iklim dan kebencaanaan, Disrupsi teknologi dan transformasi digital, serta Penguatan kelembagaan dan kemandirian fiskal.

News Feed