English English Indonesian Indonesian
oleh

Space-Co Jilid III SMAN 2 Soppeng, Wadahi Bakat Siswa dalam Lomba

FAJAR, SOPPENG-SMAN 2 Soppeng merayakan Hari Lahirnya yang ke-43 dengan antusias dalam acara bergengsi bertema “Show Your Passion and Take Up your Creativity”. Dalam rangkaian perayaan ini, sekolah menggelar Event Space-Co Jilid III dengan melibatkan siswa dari SMP/MTS/DDI hingga SMA/SMK/MA se-Kabupaten Soppeng.

Space-Co Jilid III “Science, Sport, Art, and Culture Competition” ini dilaksanakan dalam dua kegiatan, yaitu Lomba Seni untuk seluruh pelajar SMP/MTS/DDI se-Kab. Soppeng dan lomba bahasa, serta futsal untuk pelajar SMA/SMK/MA se-Kab Soppeng.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara OSIS SMAN 2 Soppeng (SMANCA) dan IKA SMANCA Soppeng. Opening ceremony dilaksanakan, Sabtu 29 Juli 2023.

Kepala Sekolah SMAN 2 Soppeng A Musafir menyatakan, semoga dengan diadakannya Event Space-Co Jilid III yang mewadahi berbagai macam lomba ini dapat menciptakan peserta didik khususnya siswa-siswi di Soppeng yang berbakat dan menumbuhkan rasa motivasi untuk berani serta percaya diri mengikuti lomba-lomba di tingkat provinsi di masa yang akan datang.

Turut hadir pula Pengurus IKA Alumni Smanca Soppeng yang diwakili oleh Dr Lasunra yang merupakan Ketua Panitia HARLAH SMAN 2 Soppeng.

Ia menafsirkan, kegiatan tahunan yang bernamakan Space-co ini ibarat ruang yang disediakan oleh pihak sekolah SMAN 2 Soppeng dalam melaksanakan kompetisi-kompetisi bertajuk Science, Art & Culture yang ditujukan kepada generasi pelajar di Soppeng.

Ketua IKA SMANCA Kombes Pol Faizal yang saat ini bertugas sebagai Kasubditwal dan Pjr Ditgakkum Korlantas Polri di Jakarta juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap dapat terus berlanjut dengan lomba-lomba yang lebih variatif dan inovatif.

Adapun peran IKA Smanca Soppeng pada Event Space-Co Jilid III yang dirangkaikan dengan HARLAH SMAN 2 Soppeng tahun ini adalah dengan menginisiasi 3 cabang lomba baru yaitu English Speech, English Debate, dan Cipta Baca Puisi. Langkah ini sesuai dengan tujuan dari kepengurusan IKA untuk terus mendukung segala bentuk kegiatan yang memberikan manfaat dan meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill generasi muda di wilayah Soppeng.

Animo peserta dalam mengikuti lomba pada event ini terbilang cukup besar. Lomba Seni Tari diikuti oleh 7 sekolah dan sebagai Juara Pertama SMPN 2 Watansoppeng, SMPN 4 Marioriwawo (Juara 2), dan SMPN 1 Liliriaja (Juara 3).

Lomba Lagu Solo diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari 8 sekolah yang berbeda. Juara pertama SMPN 4 Marioriwawo, juara kedua SMPN 1 Lilirilau, dan juara ketiga SMPN 2 Soppeng.

Pada English Speech Competition A. Khadijah Az’zahra (SMAN 1 Soppeng) keluar sebagai juara pertama, juara kedua atas nama Nailah Alifah (SMAN 2 Soppeng), dan juara ketiga atas nama Fadilla Shafira (SMAN 5 Soppeng). English Debate Competition juara pertama SMAN 7 Soppeng, juara kedua SMAN 5 Soppeng, dan juara ketiga SMAN 2 Soppeng. Adapun yang keluar sebagai Best Speaker adalah peserta dari SMAN 5 Soppeng atas nama M. Gunawan Prasetyo.

Cipta Baca Puisi yang keluar sebagai juara pertama atas nama Amelia (SMKN 3 Soppeng), juara kedua Nurul Aulia Novita (MA DDI Pattojo), dan juara ketiga Nur Rahma Karyadi (MAN 1 Soppeng).

Lomba Futsal antar SMA/SMK/MA merupakan kegiatan terakhir pada event Space-co Jilid III yang mana pelaksanaan akan diadakan pada tanggal 8 Agustus 2023 di Anjungan Mangkawani (Lapangan Gasis) Soppeng. (*/)

News Feed