English English Indonesian Indonesian
oleh

Perundungan di Sekolah, Salah Siapa?

Siapa yang patut disalahkan? Apabila tindakan perundungan terjadi di lingkup sekolah, maka yang patut disalahkan adalah pihak sekolah karena telah lalai dalam mengawasi kegiatan siswanya. Namun, jika dilakukan di luar sekolah, maka yang patut disalahkan ialah pelaku serta pihak orang tua karena kurang mengawasi tindakan anak anak.

Dalam video perundungan yang sedang viral sekarang ini, peristiwa tersebut terjadi di luar jam sekolah dan di luar lingkup sekolah. Maka dari itu pihak yang perlu disalahkan ialah orang tua dari pelaku itu sendiri.
Namun pihak sekolah juga harus menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. Terlepas dari hal hal tersebut, tindakan bullying memang patut diperhatikan oleh seluruh lapisan masyrakat. Hal ini dilakukan untuk membimbing anak menjadi lebih baik agar tidak terjadi hal hal seperti ini lagi. (*)

Risnawati
Penulis adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang magang di FAJAR. Tulisan ini untuk memenuhi tugas membuat “OPINI”.

News Feed