English English Indonesian Indonesian
oleh

Sekretaris Dubes KBRI Astana Motivasi Ribuan Mahasiswa Unhas, Andi Zulkarnain: Bangun Jaringan Pentahelix

FAJAR, MAKASSAR – Sekretaris Dubes KBRI Astana, Andi Zulkarnain menjadi narasumber Inspiring Lecture yang dihadiri sekitar 1.900 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), Kota Makassar di Baruga AP Pettarani, Jumat, 5 Mei 2023.

Juga hadir, mantan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin.

Andi Zulkarnain memaparkan berbagai program KBRI Astana di bidang budaya, ekonomi dan pendidikan.

Sebelum memberikan motivasi kepada mahasiswa, ia terlebih dahulu mengajak seluruh pihak yang hadir, termasuk Unhas dan Ikatan Alumni agar bisa ikut merayamakan puncak 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Kazakhstan di bulan September 2023.

Andi Zulkarnain di hadapan, ribuan mahasiswa Unhas yang hadir pun berharap agar mahasiswa terus mengembangkan potensi diri selama masih berstatus mahasiswa.

Menurut aktivis yang banyak mendampingi Dubes Fadjroel Rachman ini, kesuksesan di masa depan perlu dipersiapkan.

Andi Zulkarnain menguraikan, mahasiswa perlu mengembangkan diri dengan memperluas jaringan pentahelix.

“Untuk bisa sukses dimasa depan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, harus meningkatkan kapasitas, perbanyak jaringan, karena itu menentukan kita di masa depan,” ungkap alumni Fakultas Ekonomi Unhas angkatan 2002 ini.

Kata dia, selagi masih menempuh studi S1 maksimalkan jaringan pentahelix, jaringan dengan pihak kampus ke dosen, sesama mahasiswa lintas fakultas, bahkan kalau bisa lintas kampus.

Selanjutnya, Andi Zulkarnain menyebut, mahasiswa perlu perbaiki jaringan dengan pelaku usaha, kemudian perbaiki jaringan dengan pihak media.

Mahasiswa juga kata dia, harus belajar berkolaborasi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah. Juga mengingatkan pentingnya membangun jejaring dengan komunitas-komunitas.

“Melalui jaringan pentahelix tersebut, sangat membantu Anda dalam berproses dan menyiapkan kematangan Anda di masa mendatang. Siapa temanmu hari ini, itulah gambaran kamu di masa depan,” ungkap mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unhas ini. (*)

News Feed