English English Indonesian Indonesian
oleh

Euforia Mudik

Mari kita bertekad untuk memutuskan penyebaran virus Adenovirus sehingga cukuplah korban tiga orang anak itu.  Kita harus tetap menjalankan hidup bersih, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Cara yang paling cepat  dan tepat adalah para ibu-ibu harus kembali waspada untuk menjaga anak-anaknya di rumah, di sekolah, dan saat bepergian. Karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan sebuah Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis akut. Penyakit ini menyerang anak-anak usia satu bulan hingga 16 tahun.

Mengapa beban penjagaan diberikan pada ibu-ibu karena budaya patriarki masih memberikan peran kepada perempuan untuk menjaga anak-anaknya. Dan  kasus korban yang terserang adalah anak-anak balita dan remaja.

Meskipun demikian, penyebab penyakit ini rupanya belum diketahui secara pasti. “Yang paling penting tetap deteksi dini, ketahui gejalanya.  Jika mengalami gejala, segera periksakan,” kata ahli kesehatan anak-anak Prof. dr. Aman Pulungan dalam unggahan di Instagramnya. 

Kita baru saja, menjalani ibadah puasa yaitu ibadah yang mengajarkan kita untuk menahan hawa nafsu, tawadhu, bersedekah, sabar setelah itu kita lebaran dan mudik. Semoga ibadah dan kebersamaan dan silahturahim bersama keluarga akan menyebabkan kewaspadaan terhadap bahaya virus Adenovirus 41 menjadi tinggi. Semoga Indonesia aman dari virus tersebut. (*/)

News Feed