English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelabuhan Bajoe Tambah Kapal Layani Pemudik Sultra-Sulsel

BONE, FAJAR-Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulsel melaporkan akan ada peningkatan jumlah pemudik. Khususnya dari Pelabuhan Kolaka, Sultra ke Pelabuhan Bajoe, Bone.

Kenaikannya hingga 5 persen. Adanya kenaikan jumlah penumpang ini lantaran libur Lebaran lebih panjang dari biasanya. Atas alasan itu, BPTD bersama dengan PT ASDP akan menambah jumlah armada kapal dari normalnya enam kapal (3 trip masing-masing pelabuhan) menjadi 8 kapal (4 trip)

Saat ini kapal tambahan masih dalam posisi standby di masing-masing pelabuhan, yakni Pelabuhan Bajoe dan Pelabuhan Kolaka, lantaran belum ada lonjakan signifikan angka penumpang.

“Kalau ada penambahan itu (angka penumpang) kita kasih cukup 4 trip,” ujar Pengawas Satuan Pelaksana (Satpel) Pelabuhan Penyeberangan Bajoe, BPTD Kelas II Sulsel, Ashri Hambali, kemarin.

Sementara untuk jam operasional kedua pelabuhan untuk trip pertama pada pukul 10.00, kedua pukul 13.00, dan ketiga pukul 16.00. Jika ada penambahan hingga empat trip, kemungkinan akan masuk di antara jam-jam ini.

Sedangkan untuk penambahan kapasitas dari feri ini mencapai 300-an penumpang per kapal. Selain itu mengantisipasi lonjakan penumpang, PT ASDP dan BPTD juga akan membuka layanan posko terpadu yang melibatkan kesehatan pelabuhan, balai karantina, unsur Basarnas, hingga BMKG.

“Rencana poskonya itu dimulai 3-4 April, fasilitas ada tim layanan kesehatan, dan pusat informasi dan layanan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bone, Andi Muh Ikbal mengatakan, timnya juga akan disiagakan di Pelabuhan Bajoe, mengantisipasi lonjakan pemudik yang masuk ke Bone.

News Feed