English English Indonesian Indonesian
oleh

Semangat Kerja

Oleh; Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin

Membangkitkan semangat ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ setelah liburan lebaran sedikit menjadi tantangan. Kadang rasanya ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฐ๐˜ฅ saat mulai ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ usai vakansi Idul Fitri.

Boleh jadi rasa bahagia bersama keluarga di kampung saat ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ณ๐˜ฆ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ธ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ฆ, ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ต๐˜ฆ ๐˜ค๐˜ถ๐˜ธ๐˜ช๐˜ธ๐˜ช, ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ถ ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ฌ๐˜ข, ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ถโ€™ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถโ€™, ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ค๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฆ lagi terngiang, masih menyimpan jejak-jejak rasa juwita.

Tidak sedikit masih mengarsip album indah dan mengingat kenangan rancak.
Menciptakan dongengan idiosinkratis sambil tertawa lepas dengan keluarga bahagia.
Binar dan elegi saling berbalas pantun cengengesan, bersama separuh jiwa penghuni raga.

Namun kini, usailah lakon episode demi episode fragmen terbaik liburan lebaran Idul Fitri, kita kembali ke habitat untuk memulai ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ lagi.

Semangat ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ tak boleh redup.
Ayo kawan, semangat ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ lagi!
Lakukan atmosfer rutinitas sewajarnya, ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ dengan sepenuh hati.

Karena itu, bisa tentukan esokmu yang sudah dijanjikan Ilahi Rabbi.

Bersyukurlah sudah punya pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan yang menyenangkan.

Coba Anda menoleh ke kanan-kiri begitu banyak ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ-๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ pribumi belum mendapatkan pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan memadai.
Pelanginya sirna di balik mendung, dunianya pun semakin meredup.

Aku tidak tau, apakah memang nasibnya kurang beruntung, atau kebijakan dari Administrator Negeri belum tepat sasaran untuk mengatasinya. Padahal tak ada yang mustahil dalam hidup ini sekiranya mau ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ, selama ada kemauan pasti ada jalannya. Kalau gak ada jalannya berarti jalan buntuโ€ฆ!!!

Kewajiban kita sebagai pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ hanyalah giat ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ. Kewajiban rezeki ialah mengejar para pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ, bukan pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ yang mengejar rezeki. Satu-satunya cara untuk melakukan pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan hebat adalah mencintai apa yang di๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎkan kekinian.

News Feed