English English Indonesian Indonesian
oleh

Semangat Kerja

๐—•๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ artinya melakukan suatu pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan sebagai usaha fisik yang berorientasi pada produksi pencarian nafkah.ย  Harakah ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎnya meliputi: tekun, ulet, dan etos.ย 

Al-Qurโ€™an menyebut ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ sebagai โ€˜๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ (๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ), ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ด๐˜ฃ (pendapatan), ๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข (untuk mempe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎkan), ๐˜ข๐˜ซ๐˜ณ (upah atau penghargaan), ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ต๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ขโ€™๐˜ข ๐˜ง๐˜ข๐˜ฅ๐˜ญ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ (mencari keutamaan Allah Swt).

๐—•๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ merupakan keniscayaan dalam hidup. ๐—•๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi tidak sedikit orang justru malas ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ, karena dirinya mengalami demotivasi dan frustrasi.
Ada orang hebat (๐˜ฉ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ฌ๐˜ช๐˜ญ๐˜ญ), tapi kesal dan frustasi melihat pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan, sebab tidak ada ruang untuk menyalurkan bakat dan minatnya.

Contoh pemain bola, mereka ahli, bersemangat, bernafsu ingin menang. Tapi, mereka tidak dipersilahkan turun ke lapangan bermain, karena selalu di bangku cadangan. Mereka rata-rata mengalami pil pahit dan mengurut dada.

Makanya, dengan ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ sekaligus berusaha menyelesaikan satu pe๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎan, itu merupakan suatu nikmat besar dan kepuasan tersendiri.
Ketahuilah, ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ adalah fitrah setiap insan, sekaligus dapat meninggikan martabat dirinya sebagai โ€˜๐˜ข๐˜ฃ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ (hamba Allah).

Salah satu tujuan ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ dalam Islam adalah beribadah. ๐—•๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ untuk mendapatkan rezeki ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ข๐˜บ๐˜บ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ termasuk jihad di jalan Allah. (Hadis)

Siapa pun yang menginginkan hal besar terjadi dalam hidupnya, maka mereka harus siap ๐—ฏ๐—ฒ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ yang lebih ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ pula.
Mau menangkap ikan meski ikan kecil, tak usah terlalu jauh masuk ke tengah samudra, cukup di pinggir pantai dermaga yang tak berombak besar.

News Feed