English English Indonesian Indonesian
oleh

Silaturahmi

Oleh; Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin

Salah satu keindahan dogma Islam adalah merekomendasikan pemeluknya untuk ber๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž secara permanen (nonstop). Sementara ajang ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž ini, nanti populer (masyhur) usai pelaksanaan Idul Fitri.

Aku memilih menggunakan vokabulari ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž ketimbang silaturahim. Sebab ajaran elok Islam telah memfill up ajang ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž secara kesemestaan, guna menghilangkan kesalahan dengan saling memaafkan.ย  Sementara silaturahim erat kaitannya dengan hubungan darah atau kekeluargaan saja.

๐™Ž๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž berasal dari kata ๐˜ด๐˜ฉ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ yang berarti hubungan, dan ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฎ bermakna kerabat. ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฎ sendiri berpangkal dari kata ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ yang bernilai kasih sayang. Jadi, ๐™Ž๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž memberi gestur dan sandi bahwa jarak boleh saja terpisah distrik: dari dekat hingga jauh, dari usia muda hingga tua, miskin atau pun kaya, namun kebersamaan tetap terjaga. Itulah rekognisi dari digdayanya rinai ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž.

Ber๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž laksana ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฅ (perumpamaan umat Islam bagaikan satu tubuh yang tidak bisa dipisahkan. (Hadis)
๐™Ž๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž terbukti resistan & mampu memperkuat hubungan tali persaudaraan. Kendati, ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu momen hari raya. Malahan, kemajuan teknologi saat ini telah membuat ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž lebih mudah untuk dilakukan.

Namun, ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž secara konvensional masih sangat tokcer & cespleng diimplementasikan puak-puak pribumi, dibanding menggunakan kemajuan teknologi saling kirim pesan ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž.

Sejak dulu, Bumiputra telah memprakarsai konkurs ๐™จ๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™ž bermisikan โ€˜tidak boleh lagi ada pertikaian berlarut-larut, hentikan aneka permusuhanโ€™.

News Feed