English English Indonesian Indonesian
oleh

Iran Serang Israel, Presiden Kolombia Sebut Awal Perang Dunia 3, Begini Reaksi China, Amerika, Rusia, Inggris, dan PBB

FAJAR, TAHERAN—Iran  membuktikan ancamannya. Hari ini, mereka menyerang Israel dengan ratusan rudal dan drone.

Teheran menyerang Israel setelah serangan udara pada tanggal 1 April menghancurkan konsulat Iran di Suriah, menewaskan 12 orang, termasuk dua jenderal elit Iran. Iran menuding Israel berada di balik serangan itu.

Video yang beredar luas di media sosial memperlihatkan bagaimana  serangan rudal dan drone Iran menghantam wilayah Israel yang menimbulkan sejumlah ledakan.

Pasukan Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu pagi bahwa sebagian besar rudal yang diluncurkan dari Iran dicegat di luar perbatasan Israel.

Serangan ini langsung memantik rekasi dunia. Berikut tanggapan beberapa negara dikutip dari Aljazeera:

CINA

Tiongkok sangat prihatin dengan eskalasi setelah serangan Iran, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

“Tiongkok menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari peningkatan ketegangan lebih lanjut,” kata juru bicara tersebut ketika menjawab pertanyaan tentang serangan Iran.

Putaran ketegangan ini merupakan “limpahan dari konflik Gaza”, dan memadamkan konflik tersebut adalah “prioritas utama”, tambah juru bicara tersebut.

RUSIA

Rusia mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan serangan Iran terhadap Israel dan meminta semua pihak untuk menahan diri.

“Kami menyampaikan keprihatinan ekstrem kami atas eskalasi berbahaya lainnya di kawasan ini. Kami menyerukan semua pihak yang terlibat untuk menahan diri,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan mengenai serangan Iran.

News Feed