English English Indonesian Indonesian
oleh

Iran Serang Israel, Presiden Kolombia Sebut Awal Perang Dunia 3, Begini Reaksi China, Amerika, Rusia, Inggris, dan PBB

“Kami telah berulang kali memperingatkan bahwa banyaknya krisis yang belum terselesaikan di Timur Tengah, terutama di zona konflik Palestina-Israel, yang seringkali dipicu oleh tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab, akan meningkatkan ketegangan,” kata kementerian tersebut.

INGGRIS

Perdana Menteri Rishi Sunak menggambarkan tindakan Iran sebagai langkah “sembrono”.

“Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di wilayahnya sendiri,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di X.

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak,” tambahnya.

PBB

“Saya mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan skala besar yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini,” tulis Sekretaris Jenderal Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan.

“Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi yang menghancurkan di seluruh kawasan. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah,” tambahnya.

AMERIKA SERIKAT

Presiden Joe Biden mengutuk serangan Iran dan menjanjikan tanggapan diplomatik G7 yang terkoordinasi. Dia mengatakan AS telah membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang menyerang.

Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih bahwa dia menegaskan kembali dukungan “kuat” AS terhadap keamanan Israel dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

News Feed