English English Indonesian Indonesian
oleh

Warga Palestina yang Dipenjara di Israel Jadi Pelampiasan Amarah, 13 Meninggal dan Alami Patah Tulah Rusuk

FAJAR, TEL AVIV—Beberapa hari setelah Hamas menyerang Israel dan perang meletus di Gaza, Umm Mohamed di Tepi Barat yang diduduki menerima panggilan telepon dari putranya di penjara Israel.

“Doakan aku, Bu. Segalanya menjadi lebih sulit di sini. Mereka mungkin tidak akan membiarkanku berbicara denganmu lagi,” kata Abdulrahman Mari dikutip dari BBC.

Dan itu benar-benar menjadi kali terakhir dia mendengar suaranya.

Kondisi para tahanan Palestina di Israel memburuk setelah tanggal 7 Oktober tahun lalu menurut Komisi Urusan Tahanan Otoritas Palestina (PA) yang berbasis di Tepi Barat.

Tiga belas tahanan Palestina telah meninggal di penjara-penjara Israel, mayoritas disebabkan oleh pemukulan atau penolakan pengobatan. Itu menurut ketua komisi, Qadoura Fares, kepada BBC.

Abdulrahman adalah salah satu orang pertama yang meninggal.

Seorang tukang kayu di desa Qarawat Bani Hassan, dia sedang dalam perjalanan pulang kerja di Ramallah pada bulan Februari tahun lalu ketika dia ditangkap di sebuah pos pemeriksaan keliling.

Dia dimasukkan ke dalam tahanan administratif – di mana Israel dapat menahan orang tanpa batas waktu tanpa tuduhan – di penjara Megiddo.

Saudara laki-lakinya, Ibrahim, mengatakan bahwa dakwaan terhadap dirinya tergolong ringan, seperti ikut serta dalam protes dan kepemilikan senjata api, namun ia juga dituduh menjadi anggota Hamas meskipun tidak ada dakwaan khusus mengenai aktivitas apa pun di dalam kelompok tersebut.

Ibrahim masih berusaha mencari tahu bagaimana sebenarnya saudaranya meninggal. Dia harus mengandalkan kesaksian dari mantan teman satu sel Abdulrahman, serta laporan dari sidang pengadilan.

News Feed