English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketika Anjing Permalukan Manusia

Oleh: Aswar Hasan*

Hal tak terduga terjadi di suatu bus, saat bus itu berhenti untuk mempersilahkan penumpang yang menunggu di Halte untuk naik ke bus. Seorang wanita hamil tua menaiki bus itu dan ketika ia ingin duduk, dia melihat bahwa semua kursi di bus itu, telah penuh terisi, dan tidak ada kursi yang tersisa baginya.

Sopir bus itu pun memberitahukan ke segenap penumpangnya, agar ada yang mau mengalah untuk mempersilahkan (memberi tempat duduknya) kepada wanita hamil itu. Namun, semua penumpang bus itu tidak ada yang peduli, dan hanya melihat sekejap ke wanita hamil yang masih berdiri itu, lalu kembali ke kesibukan masing-masing.

Yang sedang main game di Hp-nya, segera melanjutkan permainannya dengan asyik. Yang lagi malas-malasan tidur-tiduran di kursi, melanjutkan tidur-tidurannya. Semua penumpang kembali ke aktivitasnya, di kursi masing-masing.

Wanita hamil yang melihat keadaan seperti itu, hanya menghela nafas dan dengan sabar memutuskan untuk tetap berdiri di dalam bus, sambil bergelantungan. Namun, sesuatu yang tak terduga terjadi. Seekor anjing yang di bawa oleh majikannya yang sedang tertidur pulas di kursi, tiba- tiba membangunkan majikannya, sembari menarik dengan menggigit baju majikannya, dengan maksud memberi isyarat untuk berdiri.

Setelah majikannya berdiri, anjing itu langsung berlari mendekati wanita hamil itu, sembari menarik mengajaknya duduk di bekas kursi majikannya. Wanita hamil itu pun sangat terharu dan berterima kasih atas kebaikan anjing itu. Sementara sang majikan anjing itu, merasa bangga atas inisiatif pertolongan anjingnya.

News Feed