English English Indonesian Indonesian
oleh

Bantai 112 Warga Gaza yang Terancam Kelaparan, Dunia Kecam Israel

FAJAR, GAZA—Komunitas internasional mengecam pembantaian keji yang dilakukan Israel di Gaza dan menyerukan tindakan nyata untuk negara zionis itu.

Kementerian luar negeri Qatar mengutuk dengan keras pembantaian112 warga sipil tak bersenjata yang sedang menunggu bantuan kemanusiaan tiba di Gaza itu..

Kecaman sama datang dari Tiongkok. “Tiongkok terkejut dengan kejadian ini dan mengutuk keras hal itu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning pada hari Jumat.

“Kami mengungkapkan kesedihan kami terhadap para korban dan simpati kami terhadap mereka yang terluka,” lanjutnya dikutip dari The Peninsula.

Menlu Portugal Joao Gomes Cravinho ikut memberi kecaman terhadap Israel atas serangan terhadap ribuan warga Palestina yang kelaparan dan menunggu bantuan makanan.

“Sangat terkejut dengan kematian lebih dari 100 orang di Gaza saat menunggu untuk menerima bantuan,” kata menteri luar negeri dalam sebuah postingan di media sosial.

“Operasi sipil dan kemanusiaan harus aman berdasarkan IHL [hukum kemanusiaan internasional]. Kami sekali lagi menyerukan gencatan senjata segera [dan] akses yang aman terhadap bantuan kemanusiaan, sesuai dengan langkah-langkah sementara ICJ,” katanya.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron juga mengungkapkan ‘kemarahan’ atas pembantaian di Gaza ini.

“Kemarahan mendalam atas gambar-gambar yang datang dari Gaza di mana warga sipil menjadi sasaran tentara Israel,” tulisnya di X.

“Semua penduduk sipil harus dilindungi. Gencatan senjata harus segera dilaksanakan agar bantuan kemanusiaan dapat didistribusikan,” katanya.

News Feed