English English Indonesian Indonesian
oleh

JICA dan Hubungan Internasional FISIP Unhas Inisiasi Kerja Sama Pendidikan

FAJAR, MAKASSAR-Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas kerjasama internasional, Departemen Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima kunjungan dari perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesia Office.

Kunjungan ini dilakukan oleh Naomi Jimbo (Senior Representative), Tetsuya Kuwata (Project Formulation Adviser), dan Nazalia Kurnia Dewi (Program Officer) dari JICA, serta dihadiri oleh Prof Darwis selaku Ketua Departemen HI FISIP Unhas, beserta dosen-dosen Departemen HI, Makassar, 17 Januari 2024.

Pertemuan yang berlangsung penuh antusias ini berhasil mencapai sejumlah kesepakatan strategis. Salah satu poin utama adalah kesepakatan kerjasama dalam bidang Student and Lecturers Mobility, yang akan memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan dosen antara Unhas dan institusi-institusi mitra di Jepang. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga dan memperkuat jaringan akademis antara kedua lembaga.

JICA juga sepakat untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Departemen HI FISIP Unhas. Dukungan ini mencakup berbagai aspek, termasuk peningkatan kualitas pembelajaran praktis bagi mahasiswa dalam konteks hubungan internasional. Selain itu, JICA juga berminat untuk memfasilitasi Praktisi Mengajar untuk mengisi perkuliahan di Departemen HI FISIP Unhas.

Selain itu, perwakilan kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan pameran kebudayaan sebagai wujud nyata dari kerjasama lintas budaya. Pameran ini diharapkan dapat menjadi platform untuk bertukar pengalaman dan memperdalam pemahaman antara mahasiswa dan masyarakat Indonesia dengan budaya Jepang, serta sebaliknya.

Prof Darwis, menyatakan, sangat senang atas kunjungan JICA ke FISIP Unhas. “Kerja sama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen, tetapi juga akan memperkaya lingkungan akademis di kedua lembaga,” ujarnya.

Naomi Jimbo, Senior Representative JICA melihat potensi besar dalam kerja sama ini dan berkomitmen untuk mendukung pencapaian tujuan bersama dalam bidang pendidikan terutama terkait JICA Program for Japanese Studies. Kedua belah pihak optimis bahwa kerjasama ini akan membawa dampak positif jangka panjang bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pemahaman lintas budaya. (*/)

News Feed