English English Indonesian Indonesian
oleh

Unibos Perkuat Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra (FIPS) Unibos menjalin kerja sama dengan Komunitas Penulis Kodepena. Kolaborasi ini di sela-sela Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Kodepena Sulawesi Selatan (Sulsel), Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), dan Bincang Ilmiah. Acara tersebut digelar di Ruang Senat Lt. 9 Unibos, Rabu (17/1/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unibos, Prof Batara Surya didampingi oleh jajaran Wakil Rektor, Dekan FIPS Unibos, Asdar serta Hj Rani Siti Fitriani selaku Ketua Umum DPP Kodepena beserta pengurus Kodepena Wilayah Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam acara ini Rektor dari beberapa perguruan tinggi di Sulawesi Selatan, antara lain Rektor Universitas Sawerigading, Prof A Melantik Rompegading, Rektor Universitas Muhammadiyah Bone, Muhammad Jafar, Rektor Universitas Megarezky, Prof Anwar Ramli, dan Rektor Universitas Kristen Indonesia Toraja, Oktavianus Pasoloran.

Dalam sambutannya, Prof Batara Surya, mengungkapkan apresiasinya terhadap peluang kolaborasi antar perguruan tinggi. Ia menekankan pentingnya melibatkan diri dalam Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Dalam Tri Dharma perguruan tinggi, kita tidak hanya sekadar mengajar saja, tetapi juga penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan terus melaksanakan kolaborasi baik penelitian maupun pengabdian masyarakat, saya yakin betul kita bisa berpartisipasi untuk semakin maju,” ujarnya.

Rektor juga menyampaikan pandangannya tentang kolaborasi antar perguruan tinggi. “Melalui wadah ini, saya kira kita bisa membangun kerja sama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena sangat penting untuk melakukan kolaborasi dan komparasi antar perguruan tinggi,” tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Kodepena, Rani Siti Fitriani menyampaikan, harapannya terhadap kolaborasi yang akan dijalin. “Melalui kolaborasi seperti ini, semoga kita bisa menjalankan lebih banyak kerja sama dengan instansi-instansi di Sulsel, termasuk balai bahasa dan lain-lainnya,” tuturnya. (*/)

News Feed