English English Indonesian Indonesian
oleh

Raih IPK 4.0, Nurhusna Resmi Sandang Gelar Doktor di UNM

FAJAR, MAKASSAR – Nurhusna salah satu dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar resmi meraih gelar doktor di kampus orange. Ujian promosi doktor berlangsung di Gedung Pascasarjana UNM lantai 5 Jalan Andi Djemma, Selasa, 16 Januari 2024.

Perempuan kelahiran Sidenreng Rappang (Sidrap) 25 Oktober 1988 itu berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan promotor. Bertindak sebagai Kopromotor yakni Prof Dr Muhammad Rapi, promotor Prof Dr Johar Amir. Setelah dinyatakan resmi menyandang gelar doktor. Ibu tiga anak itu sepongan menangis bahagia atas pencapaiannya.

Disertasi yang mengantarnya meraih gelar doktor berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Bertema Kewirausahaan Melalui Media Sosial”. Ia menyelesaikan studi doktornya dalam kurun 2,5 tahun dengan IPK 4,0.

Nurhasan menjelaskan bahwa pembelajaran menulis teks persuasi terintegrasi nilai kewirausahaan dan media sosial merupakan pembelajaran yang sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di zaman digital 4.0.

Penelitian pengembangan itu bertujuan untuk, pertama menghasilkan model pembelajaran menulis teks persuasi bertema kewirausahaan melalui media sosial. Kedua menyusun buku panduan penggunaan model pembelajaran menulis teks persuasi bertema kewirausahaan melalui media sosial.

Ketiga menyusun perangkat pembelajaran menulis teks persuasi bertema kewirausahaan melalui media sosial. Keempat menyusun buku panduan menulis teks persuasi bertema kewirausahaan melalui media sosial.

“Penelitian ini didesain dengan penelitian dan pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari desain ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluate),” ujarnya.

Penelitian dilakukan Nurhusna di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (PBSI JBSI FBS UNM).

Yang menjadi subjek penelitian adalah dosen pengampu mata kuliah keterampilan menulis dan mahasiswa yang memprogram mata kuliah keterampilan menulis. Data penelitian ini terdiri atas dua, yaitu data kualitatif berupa RPS dan kurikulum dan data kuantitatif berupa hasil validasi ahli, calon pengguna, dan hasil pre test dan post tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran NURHUSNA terhadap keterampilan menulis teks persuasi mahasiswa (Asymp. Sig.=0,00 < 0>. Hal ini diperoleh dari hasil penilaian ahli dengan rata-rata 3.88 dengan kategori (sangat layak).

Hasil uji kepraktisan kepada calon pengguna yaitu dosen dan mahasiswa menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sangat praktis dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks persuasi.

Hasil penilaian dosen terhadap produk model pembelajaran yaitu 3.95 (sangat baik) dan hasil penilaian mahasiswa yaitu 3,62 (sangat baik). Produk yang praktis selanjutnya diimplementasikan untuk melihat keefektifan produk.

Sejalan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan, produk penelitian pengembangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, seperti dosen, mahasiswa, dan peneliti lanjutan.

Profil

Dr Nurhusna, S.Pd., M.Pd.
Lahir: Sidenreng Rappang, 25 Oktober 1988

Riwayat Pendidikan

  1. Sekolah Dasar ditempuh di SD Negeri 6 Arawa pada tahun 1996-2002
  2. Sekolah Menengah Pertama ditempuh di SMP Negeri 3 Pangsid pada tahun 2002-2005
  3. Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMA Negeri 1 Watang Pulu pada tahun 2005-2008
  4. Program Sarjana S1 ditempuh di Universitas Negeri Makassar pada tahun 2008-2012
  5. Program Magister S2 ditempuh di Universitas Negeri Malang pada tahun 2012-2014

Riwayat Pekerjaan

Dosen PNS Universitas Negeri Makassar (2015-sekarang)

Riwayat Penelitian/Publikasi Jurnal Ilmiah

  1. Penanda Kualitas Mewujud Adjektiva sebagai Ideologi dalam Wacana Iklan Advertorial Media Massa Cetak (2017)
  2. Scientific Characteristic of Academic Texts A Study ofSystemic Functional Linguistics (2018)
  3. Bentuk Tanda dalam Wacana Iklan Advertorial Media Massa Cetak (2020)
  4. Pengaruh Media Video Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP (2022)
  5. Application of A Synectic Model Based On Local Bugis Makassar Culture In Learning To Write Poetry (2023)
  6. Penggunaan Metafora Guru dalam Wacana Kelas Online Pembelajaran Bahasa Indonesia di Media Sosial (2023)
  7. Afiksasi Verba pada Teks Bacaan dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas VII (2023)
  8. Tingkat Literasi Digital Guru Bahasa Indonesia dalam Menyajikan Pembelajaran Tingkat SMA di Kabupaten Gowa (2023)

Pelatihan Profesional

  1. Becoming the Inspiring Lecturer: Pelatihan dan Workshop Dosen Muda Universitas Negeri Makassar (2016)
  2. Bimbingan Teknis Dosen Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia, Hotel Dafan Fortuna Yogyakarta (2017)
  3. Pelatihan pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) 2019
  4. Sertifikat Guru BIPA Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA diselenggarakan oleh APBIPA Bali bekerja sama dengan Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai tanggal 23-25 Oktober 2023
  5. Sertifikat Guru BIPA Level 2: Silabu dan Bahan Ajar BIPA diselenggarakan oleh APBIPA Bali bekerja sama dengan Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai tanggal 27-29 November 2023. (sae)

News Feed