English English Indonesian Indonesian
oleh

UPT Layanan Bahasa Unhas Adakan Pelatihan Pengajar BIPA Level 1

FAJAR, MAKASSAR-UPT Layanan Bahasa Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan Pelatihan Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Level 1 di Ruang Auditorium Lantai 2 UPT Layanan Bahasa Unhas. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, 13-14 November 2023.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 peserta dari berbagai universitas dan komunitas, baik dari dalam maupun dari luar wilayah kota Makassar. Di antaranya dari Universitas Pendidikan Mandalika, Universitas Papua, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Makassar, LP3i Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Megarezky, Komunitas Bolasugi, dan dari Universitas Hasanuddin sendiri. Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk mencetak pengajar BIPA yang profesional.

Kepala UPT Layanan Bahasa Unhas, Herawaty berharap Pelatihan Pengajar BIPA Level 1 ini dapat memberikan masukan yang berharga bagi para peserta karena permintaan pengajar BIPA pun hari ini cukup besar. Di samping itu, pelatihan ini memiliki manfaat karena akan diberi sertifikat sebagai penunjang untuk menjadi pengajar BIPA.

Ketua Panitia dan Koordinator BIPA Unhas, Inriati Lewa juga dalam laporannya menyatakan bahwa peserta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT Layanan Bahasa Unhas ini sengaja dibatasi agar para peserta bisa fokus mengikuti materi.

Kegiatan yang turut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin. Kata dia, kegiatan ini patut diapresiasi dan didukung untuk menunjang kualitas SDM, khususnya bagi pengajar di lingkup Unhas. Di lain sisi, kegiatan ini juga dianggap mampu memberi manfaat lebih besar untuk Unhas ke depannya.

Pelatihan Pengajar BIPA Level 1 ini juga dihadiri oleh Liliana Muliastuti selaku Ketua APPBIPA Pusat yang membawa materi tentang “Sejarah, Filosofi, dan Kebijakan Program BIPA”. Kegiatan yang sudah lama direncanakan di UPT Layanan Bahasa Unhas ini pada akhirnya bisa terealisasikan, begitu kata Kepala UPT Layanan Bahasa Unhas. (*)

News Feed