English English Indonesian Indonesian
oleh

Nasrullah: Buku “Zilibria” Bangkitkan Literasi Mahasiswa

GOWA, FAJAR — Sebuah karya kolaboratif yang menginspirasi dan mendukung pengembangan literasi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan angkatan 2021 Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah meluncur.

Buku antologi esai yang diberi judul “Zilibria: Sajian Tarian Pena Calon Pustakawan” menjadi wujud kecerdasan dan semangat belajar mahasiswa yang telah menyumbangkan pemikiran dan pengalaman mereka dalam bidang perpustakaan.

“Zilibria” terbagi dalam empat bab utama yang merangkum beragam aspek ilmu perpustakaan, yaitu Pustakawan, Pelayanan Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan, dan Literasi Baca Tulis. Setiap bab memaparkan pandangan dan pengetahuan mahasiswa terkait topik-topik tersebut, memberikan wawasan mendalam bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut mengenai peran perpustakaan dalam masyarakat modern.

Buku ini diterbitkan oleh Jariah Publishing dan diinisiasi serta diedit oleh Nasrullah, salah satu Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan yang juga menjadi salah satu penggagas nama “Zilibria”.

Menariknya, kata “Zilibria” memiliki makna tersendiri. “ZI” mengacu pada angka 21, yang mencerminkan tahun angkatan 2021 mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. “LIB” diartikan sebagai Library (perpustakaan), “RI” sebagai Republic (republik), dan “A” sebagai Alauddin, sehingga jika diuraikan, kata “Zilibria” berarti “21 Library Republic Alauddin”.

Kata ini juga telah diadopsi sebagai nama angkatan bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan angkatan 2021.

News Feed