English English Indonesian Indonesian
oleh

Perluas Kemitraan Internasional, Rektor Unhas Bangun Kolaborasi dengan Kampus Al-Azhar Kairo

FAJAR, KAIRO-Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa melakukan kunjungan kerja ke Kampus Al-Azhar Kairo di Mesir. Kunjungan ini dalam rangka membahas bersama kesepakatan kerja sama pengembangan tridarma khususnya pengembangan riset dan pertukaran mahasiswa asing. Rombongan Unhas diterima langsung oleh Rektor Universitas Al Azhar Prof. Dr. Salamah Dawoud di Kampus Al-Azhar Kairo, Senin, 29 April 2024 waktu setempat.

Turut hadir mendampingi Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof Adi Maulana, Kepala Kantor Sekretariat Rektor Dr. Sawedi Muhammad, beberapa Dekan lingkup Unhas. Adapun dari Al-Azhar diantaranya Penasehat Imam Besar Grand Al-Azhar Divisi Mahasiswa Asing (Prof. Dr. Nahlah Al-Shaidi), dan Prof Muh. Sarbini.

Rektor Unhas Prof JJ dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan. Dirinya banyak memberikan gambaran tentang Unhas dalam berbagai aspek, termasuk memberikan gambaran tentang prodi yang sejalan dengan keilmuan kampus Al-Azhar seperti Program Studi (Prodi) Sastra Arab. “Kunjungan kerjasama ini merupakan hal penting dalam memperluas jaringan kerja sama internasional Unhas,” ujar Prof JJ.

Lebih lanjut, Prof JJ menyampaikan, Unhas secara berkelanjutan terus membangun kemitraan strategis dengan berbagai mitra. Dirinya berkomitmen, setelah kerja sama antara kedua pihak terlaksana melalui penandatangan MoU, Unhas siap melakukan kerjasama yang lebih konkret untuk mendukung pengembangan tridarma. Tidak hanya itu, sebagai perguruan tinggi terbesar di Timur Indonesia, Prof JJ mengatakan Unhas merupakan mitra yang tepat untuk mendorong pengembangan tridarma bersama Al-Azhar.

“Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan. Unhas adalah publik university, setiap pekannya kami memiliki kajian Islam yang diikuti seluruh sivitas akademika, termasuk dosen dan mahasiswa. Kunjungan ini bukan hanya untuk membangun kemitraan Unhas dan Al-Azhar, tetapi membuka peluang untuk memperdalam hubungan antara Indonesia dan Mesir secara lebih luas,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Al Azhar Prof. Dr. Salamah Dawoud menyambut hangat Rektor Unhas beserta rombongan. Menurut Prof Salamah, terdapat sejumlah perguruan tinggi yang telah melakukan kerjasama dalam bidang pertukaran dosen dan mahasiswa. Tidak hanya itu, Ia juga memberikan gambaran tentang kampus yang dipimpinnya.

“Kami memiliki kurang lebih 400 ribu mahasiswa jenjang sarjana, dan 60 ribu mahasiswa asing. Al-Azhar menyumbang 20% dokter untuk Mesir. Terkait draft MOU sudah kami tindaklanjuti dan perlu memasukkan program pembelajaran bahasa Arab. Mengingat, salah satu permasalahan yang terkadang dihadapi mahasiswa Indonesia adalah penguasaan bahasa arab,” jelas Prof. Salamah.

Kunjungan Rektor Unhas ke Kampus Al-Azhar menunjukkan komitmen Unhas dalam memperluas jaringan kemitraan internasional. Dengan menjalin hubungan yang lebih erat dengan institusi pendidikan terkemuka luar negeri, Unhas berharap dapat menghasilkan kontribusi yang lebih besar bagi Indonesia.

Kepala Humas Unhas, Ahmad Bahar mengatakan, kegiatan ini juga menjadi momentum penting bagi Unhas dalam memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang berdaya saing global. Dengan mengembangkan kemitraan yang strategis dengan universitas-universitas terkemuka di dunia, Unhas memiliki akses yang lebih luas terhadap sumber daya dan pengetahuan global. (*/)

News Feed