English English Indonesian Indonesian
oleh

Sembilan Wisudawan Berprestasi Unismuh Diberi Penghargaan, Rektor Unismuh: Amalkan dan Kembangkan Ilmunya

FAJAR, MAKASSAR-Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof. Ambo Asse, memberikan penghargaan kepada sembilan wisudawan berprestasi terbaik di tingkat fakultas dan program Pascasarjana. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara wisuda ke-79 Unismuh yang diselenggarakan di Gedung Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 21 Juni 2023.

Prof. Ambo Asse mengatakan, bagi mahasiswa yang berprestasi, diharapkan agar mereka mendapatkan berkah dan manfaat dari penghargaan tersebut. Ia juga mengimbau agar ilmu yang telah diperoleh dapat diamalkan dan dikembangkan untuk kepentingan agama dan kemanusiaan.

Selain itu, Prof. Ambo Asse juga menyampaikan, proses pendidikan yang telah dilalui kali ini menghasilkan 1.247 lulusan dalam periode wisuda ke-79. Ia menjelaskan, kerja sama yang telah terbangun dalam memberikan layanan prima dan berkualitas kepada mahasiswa hingga dapat menyelesaikan studi mereka dilakukan untuk kemajuan persyarikatan Muhammadiyah.

Salah satu wisudawan terbaik Unismuh, Ulfiah Syukri, menyatakan, ia memilih melanjutkan pendidikan tinggi di Program Studi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar. Menurutnya, kampus Unismuh tidak hanya mampu menciptakan individu yang cerdas, tetapi juga mampu membangun lingkungan yang positif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

“Saya senang kuliah di kampus milik Muhammadiyah, karena keterlibatan aktif Unismuh dalam mengadakan berbagai kompetisi bagi mahasiswanya,” ucapnya.

Selama masa kuliahnya, Ulfiah telah aktif mengikuti berbagai kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satu pencapaian mengesankan Ulfiah adalah ketika menjadi delegasi pertukaran pelajar di Asia University, Taiwan, yang dibina oleh LPBKUI Unismuh Makassar.

Selain itu, Ulfiah juga aktif sebagai anggota Forum Pemuda Pelopor Indonesia Provinsi Sulsel dan menjabat sebagai Chief Creative Officer di organisasi yang telah bertransformasi menjadi startup bernama “Belajar Bersama”.

Selama studinya, Ulfiah telah melaksanakan berbagai kegiatan luar biasa, termasuk menyelenggarakan program bimbingan belajar untuk SKD CASN, English Talk, dan menerbitkan dua buku. Salah satu bukunya merupakan hasil kerja sama antara Program Studi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar dan UM Malang.

Prestasi akademik Ulfiah sangat cemerlang, dengan IPK 4.0, serta tetap aktif berorganisasi dan membangun bisnis sebagai Chief Creative Officer di PT Belajar Bersama Nusantara.

Ulfiah berharap dapat terus mengembangkan diri dan membimbing mahasiswa lainnya dalam mengikuti kegiatan nasional maupun internasional sebagai wisudawan terbaik Unismuh.

Adapun wisudawan lain yang mendapat penghargaan yakni, Muhammad Risqullah Ammar (Prodi Pendidikan Dokter, FKIK), asal Gowa dengan IPK 3.54, Irmawati (Prodi Pendidikan Agama Islam, FAI) asal Bone dengan IPK 3.86.

Frimansyah (Prodi Akuntansi, FEB) asal Wajo dengan IPK 3.76, Nurul Asyifa Krama (Prodi Pendidikan Guru PAUD, FKIP) asal Gowa dengan IPK 3.66. St Nur Amalia (Prodi Teknik Pengairan, FT) asal Gowa dengan IPK 3.90.

Ulfiah Syukri (Prodi Ilmu Pemerintahan, FISIP), asal Barru dengan IPK 4.00, Risal (Prodi Agroteknologi) asal Gowa, dengan IPK 3.90.

Wisudawan terbaik dari Program Pascasarjana yakni Abd Rahman BP (S2 Pendidikan Sosiologi, PPs) asal Gowa dengan IPK 3.96, dan Drs HM Arfah Bas’ha (S3 Pendidikan Islam, PPs), asal Selayar dengan IPK 3.3.

Dari sembilan wisudawan dan wisudawati berprestasi terbaik tingkat fakultas, diumumkan tiga wisudawan terbaik tingkat Universitas. Wisudawan terbaik 1, yakni Ulfiah Syukri dari Prodi Ilmu Pemerintahan.

Terbaik 2, Muhammad Risqullah Ammar dari Pendidikan Dokter, serta terbaik 3 Irmawati dari Pendidikan Agama Islam.

Bagi wisudawan terbaik 1, Ulfiah Syukri dianugerahi beasiswa studi lanjut, serta diprioritaskan untuk diangkat sebagai dosen tetap di Unismuh Makassar apabila tekah menyelesaikan S2. (wis)

News Feed