English English Indonesian Indonesian
oleh

Memperkuat Kolaborasi Internasional, FH Unhas Jadi Anggota Aliansi MULIA

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan Monash University menandantangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Tentang Monash University Law Indonesian Alliance (Aliansi MULIA) pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 bertempat di Ruang Video Conference Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Aliansi MULIA beranggotakan Monash University dan tujuh Fakultas Hukum di Indonesia. Kegiatana dihadiri adalah Profesor Jean Allain (Associate Dean of International Affair) and Prof. H. Nadirsyah Hosen, Ph.D (Deputy Associate Dean of International Affair).

Wakil Dekan Bidang Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber daya, dan Alumni FH Unhas Prof Iin Karita Sakharina memberikan apreasiasi atas penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut. Bergabungnya Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menjadi anggota Aliansi MULIA diharapkan dapat memperkuat kolaborasi internasional khususnya dengan Monash University, kata beliau. Setelah penandantangan MoU.
Profesor Jean Allain menjelaskan, tiga bentuk kolaborasi yang diharapkan dalam Aliansi MULIA antara lain penyelenggaraan Kolaborasi Seminar Penelitian, Peningkatan pengembangan kapasitas (capacity building) staf pengajar dalam penulisan ilmiah pada jurnal bereputasi internasional dan pelibatan Mahasiswa dalam kegiatan akademis yang diselenggarakan anggota Aliansi MULIA.
Profesor Jean Allain mengatakan bahwa Aliansi MULIA akan menyelenggarakan Australia-Indonesia Law Update Conference pada bulan Oktober 2024 sebagai bentuk konkrit kolaborasi awal Aliansi ini. Konferensi tersebut akan menghadirkan para akademisi dan para praktisi dari dua Negara yaitu Australia dan Indonesia yang akan mendiskusikan isu-isu hukum kontemporer di dua negara.

Selain daripada tiga elemen tersebut, Prof Nadirsyah Hosen juga menawarkan kolaborasi dalam pengembangan klinik hukum Hukum mengingat Monash University memiliki sejarah panjang dan reputasi yang sangat baik dalam klinik hukum.
Ia juga menawarkan bentuk kolaborasi lain atara lain Mahasiswa dan Dosen Fakultas Hukum Unhas melakukan studi lanjutan ke Monash University, Intensive Visiting Lecture oleh Dosen Monash University, dan peluang Program Dual Degree.
Ketua Bidang Kerjasama Internasional Fakultas Hukum Unhas Dr Birkah Latif juga menawarkan kepada Aliansi MULIA peluang pertukaran Mahasiswa dan Dosen.

Wakil Dekan Kemitraan, Riset dan Inovasi Ratnawati yang hadir dalam kegiatan sangat menyambut baik hasil pertemuan hari ini. Kegiatan dan diskusi berlangsung selama 1 jam. Hadir juga dalam kegiatan antara lain para Ketua Program Studi, Ketua Departemen, Gugus Penjaminan Mutu, dan beberapa unsur Dosen dan Tenaga Pendidikan. (*)

News Feed