English English Indonesian Indonesian
oleh

Sekolah Terkendala Server PPDB yang Lemah

FAJAR, MAKASSAR-Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2023 dijadwalkan pada 19 Juni.

Namun, kendala yang muncul kali ini adalah kinerja server yang dinilai sangat lemah, sehingga tahapan pra pendaftaran dibatalkan. Meski begitu, calon peserta tetap diwajibkan untuk membuat akun sebagai persiapan.

Dalam pengumuman resmi, Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Makassar, Dra. Rondiyah, M.Pd menyatakan, pra pendaftaran dibatalkan, namun para pendaftar tetap harus membuat akun. Keputusan ini menimbulkan kebingungan dan kegelisahan di kalangan pendaftar yang merasa sangat awam terkait proses ini.

Menyikapi hal ini, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan berencana untuk mengadakan sosialisasi dan mengundang orang tua serta pendaftar agar lebih memahami jalur PPDB. Bagi yang tidak dapat hadir, informasi dapat disimak melalui saluran YouTube resmi Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah oleh Kistina, siswa perpindahan dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia. Kistina telah menganggur selama satu tahun sehingga Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) miliknya sudah tidak aktif. Ia berharap agar NISN-nya dapat diaktifkan kembali.

Meskipun sekolah merespons dengan cepat terhadap keluhan para pendaftar, keluhan-keluhan yang bermunculan, baik melalui telepon maupun kunjungan langsung ke tim operator sekolah, mengenai kinerja server yang lemah membuat sekolah tidak dapat melakukan banyak hal.

Rondiyah menjelaskan, sekolah juga sedang menunggu informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel karena server yang digunakan adalah server yang disediakan oleh dinas tersebut untuk seluruh provinsi, termasuk sekolah tersebut. Ia menyebutkan, sekolah dengan senang hati akan membantu pendaftar yang membutuhkan bantuan dalam mengisi formulir pendaftaran.

Meskipun PPDB tahun ini sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena tidak ada tahapan verifikasi berkas pendaftar yang harus dilakukan oleh sekolah, namun masalah terletak pada kinerja server yang lebih buruk dibandingkan tahun sebelumnya. Harapannya untuk PPDB selanjutnya, yaitu agar lebih siap terutama dalam hal kesiapan server karena menjadi hal terpenting dalam jalur pendaftaran. (*)

Penulis NUR ALIEF RIZKIYAH. A
Mahasiswa FTI UMI Makassar saat praktik KKN di Fajar

News Feed