English English Indonesian Indonesian
oleh

Kurangnya Rasa Aman di Makassar

Masyarakat juga perlu mengurangi aktivitas di luar rumah saat tengah malam atau menghindari beraktivitas pada waktu-waktu pelaku kejahatan sedang melakukan aksi. Namun, jika sudah berada dalam keadaan yang darurat, masyarakat sebisa mungkin tetap berpikir jernih untuk melakukan tindakan membela diri.

Selanjutnya, bagi tenaga medis juga harus siap siaga dalam menangani korban kriminal dengan tepat. Namun, untuk para pelaku bisa saja tidak ada efek jera bagi mereka, bahkan bisa jadi akan muncul rasa dendam di dalam dirinya yang bisa meningkatkan tindakan kriminal.

Oleh karena itu, secara psikologis, perlu diketahui apa yang menjadi dasar mereka melakukan kriminal. Ini agar bisa mendapatkan solusi yang tepat tanpa menyudutkan salah satu pihak, atau saling melempar tanggung jawab. Pada dasarnya, pelaku, korban, polisi, dan tenaga medis merupakan masyarakat Kota Makassar. (*)

Fitriani

Penulis adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang magang di FAJAR. Tulisan ini untuk memenuhi tugas membuat “TAJUK”.

News Feed